Kapan di Jakarta tak Ada lagi Kabel Semrawut?

Kapan di Jakarta tak Ada lagi Kabel Semrawut?
Kabel Telkom yang semrawut di salah satu titik di Jakarta Pusat. Foto: Puguh Sujiatmiko/Jawa Pos

jpnn.com - JAKPUS – Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidajat merasa tidak nyaman dengan pemandangan kabel semrawut di ibukota.

Dia menargetkan Jakarta bebas kabel liar pada 2020. Dia pun memanggil langsung perusahaan yang usaha dan bisnisnya bersinggungan dengan kabel. Antara lain, PT Telkom, Perusahaan Listrik Negara (PLN), dan PAM Jaya. Mereka diminta merapikan kabel masing-masing.

Djarot tidak ingin pemandangan kabel yang bergelantungan secara acak-acakan maupun yang menonjol di trotoar kembali terlihat. Selain membahayakan warga yang melewati kawasan tersebut, pemandangan itu sangat mengganggu tata kota.

’’Kami targetkan pada 2020 tidak ada lagi kabel yang seperti itu,’’ katanya di Balai Kota DKI, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (24/3).

Mantan wali kota Blitar itu menginstruksi PT Telkom sebagai salah satu perusahaan yang selalu bersinggungan dengan kabel agar berkoordinasi dengan jaringan-jaringan lain. Dengan demikian, jaringan kabel satu dan lainnya bisa terintegrasi. Termasuk dengan perusahaan daerah air minum (PDAM), gas, dan PLN.

Djarot tidak ingin ada pihak yang berkali-kali menggali jalan hingga berpotensi pada rusaknya kondisi trotoar Jakarta. ’’Sebaiknya terintegrasi dengan yang lain agar kami tidak menambah penderitaan rakyat Jakarta,’’ tegasnya.

PT Telkom dan perusahaan lainnya, lanjut Djarot, harus menjaga hal itu. Termasuk jangan sampai galian-galian yang bertebaran menambah kemacetan Jakarta. Pihaknya beberapa kali menerima laporan dari warga yang keberatan dengan pengerjaan seperti itu.

Apalagi, pemprov kini gencar menyukseskan program smart city sebagai bagian dari program kota pintar dan nyaman untuk ditinggali warga serta pendatang. ’’Smart city dan semua operator mengarah ke situ,’’ jelasnya.

JAKPUS – Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidajat merasa tidak nyaman dengan pemandangan kabel semrawut di ibukota. Dia menargetkan Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News