JPNN.com

Kapan Pengumuman Kelulusan SKB Tes CPNS?

Selasa, 18 Desember 2018 – 08:08 WIB Kapan Pengumuman Kelulusan SKB Tes CPNS? - JPNN.com

jpnn.com, SAMARINDA - Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Samarinda belum bisa memastikan jadwal pengumuman kelulusan SKB (seleksi kompetensi bidang) tes CPNS 2018.

Sekretaris BKPPD Samarinda Nurhikmah menjelaskan, nantinya pengumuman SKB yang telah berlangsung akan dirilis Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Sekarang kami belum bisa membeberkan hasil tes SKB,” ujarnya seperti diberitakan Kaltim Post (Jawa Pos Group).

Setelah itu, peserta yang dinyatakan lulus diminta untuk melengkapi persyaratan dengan mengumpulkan dokumen dasar perekrutan CPNS. “Setelah berkas lengkap, akan diusulkan lagi pada BKN untuk pengangkatan menjadi PNS,” papar dia.

Dia juga menjelaskan, untuk dua hari pelaksanaan SKB yang sudah berlangsung, sebanyak 19 peserta yang tak hadir di lokasi tes di SMK 1 Samarinda, Jalan Pahlawan, dinyatakan gugur. Ini disampaikan Sekretaris BKPPD Samarinda Nurhikmah.

Menurutnya, peserta yang tidak hadir memberikan berbagai alasan. Tapi, pihaknya sangat menyayangkan hal tersebut. “Bisa lolos SKD itu tidak mudah,” ujarnya.

Sebelumnya, peserta yang lolos SKD hanya 93 orang. Hal ini sesuai nilai ambang batas (passing grade) yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN-RB) Nomor 16/2009 tentang Perekrutan CPNS.

Namun, setelah diterbitkannya aturan baru, yakni Permen PAN-RB 37/2018 tentang Perekrutan CPNS. Jumlah peserta bertambah jadi 479 orang. Ini karena peserta yang berhak mengikuti SKB bukan hanya yang lolos ambang batas, tapi peserta dengan nilai terbaik yang tak lolos ambang batas (sistem rangking). “Total keseluruhan yang mengikuti SKB 562 orang,” jelas dia. (*/dq/rsh/k15)

 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...