Kapasitas Juanda Terbatas, Ekspansi Garuda Moderat

Kapasitas Juanda Terbatas, Ekspansi Garuda Moderat
Kapasitas Juanda Terbatas, Ekspansi Garuda Moderat
SURABAYA - Garuda Indonesia menangkap potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia bagian Timur dengan menambah rute maupun frekuensi penerbangan ke kawasan tersebut. Secara bertahap maskapai nasional ini mulai melakukan ekspansi penerbangan dari Bandara internasional Juanda ke Indonesia Timur. Meski saat ini kapasitas Juanda sudah hampir penuh.

Senior General Manager Area Timur Garuda Indonesia Suranto menyebut bahwa pada 2011 pihaknya akan melakukan ekspansi. Berupa penambahan frekuensi. Yang sudah dilakukan ada penambahan penerbangan Surabaya-Jakarta menjadi 16 kali dan Surabaya-Denpasar menjadi empat kali dalam sehari. Yang akan disusul dengan rute lainnya seperti Ujung padang dan Balikpapan. Bahkan mereka berencana untuk membuka rute baru domestik Surabaya Ambon sebelum Juni 2011 berakhir. Dan sedang mengkaji rute Surabaya Singapura.

"Kami merencanakan semua tersebut sesuai dengan kebutuhan pasar," jelasnya di sela penerbangan perdana Garuda Indonesia Surabaya -  Balikpapan di Juanda pada Sabtu (16/4).

Menurutnya, ekspansi Garuda Indonesia tersebut terbilang normal. Dan masih bisa di akomodir oleh pihak pengelola Bandara Juanda. "Kami dari maskapai mengharapkan adanya penambahan frekuensi dan slot (penerbangan, Red). Dengan kondisi bandara saat ini maka antara tahun ini hingga 2012 masih oke melayani maskapai," lanjut Suranto. "Namun untuk tahun-tahun berikutnya pasti memerlukan ekspansi," tambahnya.

SURABAYA - Garuda Indonesia menangkap potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia bagian Timur dengan menambah rute maupun frekuensi penerbangan ke kawasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News