Kapolda Papua Tegaskan Tidak ada Perayaan HUT OPM

Kapolda Papua Tegaskan Tidak ada Perayaan HUT OPM
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri (ANTARA/Evarukdijati)

jpnn.com, JAYAPURA - Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri menyatakan sampai saat ini tidak ada laporan adanya perayaan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) di sana.

Dia menegaskan bahwa sampai saat ini pun situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Papua aman.

"Sampai pukul 10.30 WIT tidak ada laporan menonjol, termasuk perayaan HUT OPM," kata Irjen Fakhiri kepada ANTARA di Jayapura, Papua, Kamis (1/7).

Jenderal bintang dua Polri itu berharap masyarakat tidak terpengaruh dengan isu-isu yang sengaja dihembuskan kelompok yang tidak bertanggung jawab terkait kegiatan peringatan HUT OPM.

"Selama saya bertugas di Papua sejak 2001 tidak pernah ada laporan gangguan kamtibmas yang menonjol, " kata Irjen Fakhiri seraya menambahkan gambar atau foto yang beredar sebagian diduga hasil editan.

Mantan Wakapolda Papua mengingatkan masyarakat supaya jangan mudah percaya dengan isu yang sengaja dihembuskan kelompok tersebut.

TNI dan Polri akan berupaya memberikan rasa aman ke masyarakat,” tegas Irjen Fakhiri.

Ketika ditanya tentang situasi di sepanjang perbatasan RI-PNG, Irjen Fakhiri menegaskan sama seperti di berbagai daerah di Papua hingga kini kondusif.

"Yang pasti hingga kini situasi kamtibmas nisbi aman, dan tidak ada laporan peringatan HUT OPM," ujar Kapolda Papua.

Seperti diketahui, OPM merupakan salah satu organisasi yang berupaya memisahkan Papua dari NKRI, dan setiap tanggal 1 Juli diperingati sebagai HUT OPM. (antara/jpnn)

 

Kapolda Papua Irjen Fakhiri menegaskan tidak ada perayaan HUT OPM. Dia meminta masyarakat tidak terpengaruh isu yang diembuskan. TNI dan Polri siap memberikan rasa aman kepada masyarakat.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News