Kapolda Papua Tidak Rekomendasikan Penerbangan ke Intan Jaya

Kapolda Papua Tidak Rekomendasikan Penerbangan ke Intan Jaya
Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri. foto: Ridwan/jpnn

jpnn.com, INTAN JAYA - Polda Papua tidak merekomendasikan penerbangan ke Bandara Bilorai, Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, untuk mengantisipasi penembakan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Hal itu diutarakan Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri di Kota Jayapura, Kamis (25/1) pagi. 

Fakhiri mengatakan situasi Intan Jaya saat ini belum sepenuhnya kondusif, mengingat KKB terus melakukan gangguan keamanan. 

"Kami belum merekomendasikan penerbangan membawa masyarakat ke Bandara Bilorai sampai situasi betul-betul kondusif dan dikendalikan aparat keamanan," jelasnya. 

Sebelumnya pesawat yang mengangkut aparat keamanan ditembaki kelompok kriminal bersenjata di Bandara Bilogai, Intan Jaya, Papua Tengah, beberapa waktu lalu. 

Dalam insiden itu, aparat gabungan TNI Polri terlibat kontak tembak dengan kelompok separatis yang mengakibatkan satu anggota KKB tewas. 

Tercatat sejak tanggal 20 hingga 23 Januari 2023 hingga, tercatat sudah enam anggota KKB tewas saat kontak tembak dengan aparat keamanan di Intan Jaya. 

Identitas keenam pentolan KKB yang tewas yakni Oni Kobagau, Jaringan Belau, Agustia, Ones, Melkias Maisani dan Harisatu Nambagani (mcr30/jpnn) 

Polda Papua tidak merekomendasikan penerbangan ke Bandara Bilorai, Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah untuk mengantisipasi penembakan oleh KKB.


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Cholid Ridwan Abubakar Sangaji

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News