Kapolri Anggap Basri Cukup Ditangani Polda Sulteng

Kapolri Anggap Basri Cukup Ditangani Polda Sulteng
Ilustrasi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang ditangkap hidup-hidup, Basri kini masih berada dalam pengawasan Polda Sulawesi Tengah.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, Mabes belum mengambil alih Basri karena yang bersangkutan masih diperlukan keterangannya di polda setempat.

"Ditangani di Poso. Kami kan sudah tahu dia karena sudah beberapa kali ditangkap. Jadi cukup ditangani di Poso karena Polda Sulteng mampu," kata Tito di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (23/9).

Menurut Tito, tidak banyak yang bisa digali dari Basri saat ini. Sebab, Basri hanyalah sebagai pelaksana dalam kelompok Santoso alias Abu Wardah itu.

"D‎ia tidak banyak tahu. Dia bukan pemikir dia cuma muscle, dia adalah pemukul," kata Tito.

Tito menambahkan, saat ini anggota MIT tinggal berjumlah sebelas orang di Pegunungan Biru, Poso. Tito menilai bahwa anggota MIT tersisa tersebut tidak memiliki sosok pimpinan lagi.

Bahkan, satu-satunya pengikut Santoso garis keras, yakni Ali Kalora, dinilai bukan seorang pemikir.‎ "Enggak ada yang pemikir, Ali Kalora foot soldier. Ini sudah jauh melemah," tandasnya. (mg4/jpnn)


JAKARTA - Anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang ditangkap hidup-hidup, Basri kini masih berada dalam pengawasan Polda Sulawesi Tengah. Kapolri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News