Kapolri Didesak Ganti Penyidik Susno Duadji

Kapolri Didesak Ganti Penyidik Susno Duadji
Kapolri Didesak Ganti Penyidik Susno Duadji
JAKARTA - Anggota Panitia Kerja (Panja) Penegakan Hukum Komisi III DPR, Ahmad Yani,  mendesak Kapolri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri agar segera menarik dua anak buahnya yang ada dalam tim penyidik independen kasus Susno Duadji. Dua anggota Polri yang diminta Ahmad Yani untuk segera ditarik itu adalah Ketua Tim Penyidik Irjen Mathius Salempang dan anggota Kombes Tjiptono.

"Saya merekomendasikan orang seperti ini tidak layak di Tim Independen," kata Ahmad Yani, anggota Panja Penegakan Hukum di Gedung DPR, Jakarta, Senin (17/5). Menurut politisi PPP itu, independensi kedua penyidik perlu diragukan. Yani menuding adanya konflik kepentingan dengan antara Salempang dan Tjiptono dengan Susno Duadji. Terlebih lagi, lanjut Yani, Mathius Salempang sebelumnya pernah menangani kasus PT Salma Arwana Lestari (SAL).

"Apakah Mathius Salempang tepat menjadi Ketua Tim Independen? Karena dia sebelumnya Karo Analisis Kasus Arwana. Bagaimana dengan orang yang pernah terlibat menangani dengan kasus ini?  Yang jelas setuju tidak setuju, tentu ada conflict of interest di dalam diri dia (Salempang)," tudingYani usai rapat internal Panja Penegakan Hukum.

Demikian halnya dengan Kombes Tjiptono. Dengan tegas Yani mengaku ragu dengan moral Tjiptono, karena pernah terlibat kasus pelecehan seksual terhadap Sekreterasi Pribadi (Sespri) saat menjabat Kapolwil Bogor tahun 2005 silam.

JAKARTA - Anggota Panitia Kerja (Panja) Penegakan Hukum Komisi III DPR, Ahmad Yani,  mendesak Kapolri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News