Kapolri Kukuhkan Bankamda dan Sipandu Beradat Jaga Kekayaan Desa Adat di Bali

Kapolri Kukuhkan Bankamda dan Sipandu Beradat Jaga Kekayaan Desa Adat di Bali
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengukuhkan Bankamda dan Sipandu Beradat untuk terus menjaga kekayaan desa adat di Bali. Foto: Dokumentasi Humas Bali

jpnn.com, BALI - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengukuhkan Bantuan Keamanan Desa Adat (Bankamda) dan forum Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat (Sipandu Beradat) di Bali pada Jumat (28/1).

Dia mengatakan Bali merupakan salah satu wilayah yang masih sangat mempertahankan dan menjunjung tinggi nilai luhur adat.

Hal itulah yang menjadi daya tarik atau kekuatan Pulau Dewata menarik wisatawan luar negeri maupun dalam negeri.

"Baru saja saya mengukuhkan rekan-rekan Bankamda dan Sipandu Beradat yang diikuti oleh seribu lebih desa adat di wilayah Bali,” ujar Jenderal Listyo dalam siaran persnya, Jumat (28/1).

Bankamda dan forum Sipandu Beradat merupakan bentuk kemitraan polisi dengan masyarakat berbasis community policing, yang memiliki komponen, seperti Bankamda, pecalang, linmas, satpam dan komponen keamanan lainnya.

Eks Kapolda Banten ini menyampaikan apresiasi kepada Forkopimda Bali yang telah menjaga dan mempertahankan kekayaan desa adat di Bali.

Menurut Jenderal Listyo, hal itu juga bisa dijadikan sebagai kekuatan baru menjaga stabilitas kamtibmas.

"Ini jadi kekuatan baru untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya menjaga kekayaan desa adat yang di dalamnya ada berbagai macam kegiatan adat, seni, budaya," ujarnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengukuhkan Bankamda dan Sipandu Beradat untuk terus menjaga kekayaan desa adat di Bali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News