Kapolri Menonaktifkan Brigjen Hendra dan Kombes Budhi, Bang Edi Merespons, Begini Kalimatnya

Kapolri Menonaktifkan Brigjen Hendra dan Kombes Budhi, Bang Edi Merespons, Begini Kalimatnya
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan terkait kasus baku tembak antaranggota Polri di rumah Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol. Ferdy Sambo. (ANTARA/HO)

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menonaktifkan Brigjen Hendra Kurniawan dari jabatan Karo Paminal Polri dan Kombes Budhi Herdy Susianto dari Kapolres Metro Jakarta Selatan. 

Penonaktifan Brigjen Hendra dan Kombes Budhi itu diduga berkaitan dengan pengusutan dan penyelidikan kasus baku tembak antaranggota polisi di rumah dinas Kepala Divisi Profesi dan Pengaanan Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Kepolisian (Lemkapi) Edi Hasibuan merespons langkah Kapolri Jenderal Listyo tersebut. Dia mengaku menghormati menghormati langkah Kapolri Jenderal Listyo menonaktifkan Brigjen Hendra dan Kombes Budhi. 

Menurut Edi, penonaktifan tersebut berkaitan dengan kritik masyarakat atas sikap dan tindakan yang tidak profesional dari Hendra Kurniawan dan Budhi Herdi Susianto dalam bertugas. 

“Ada juga masyarakat yang menyoroti bahwa mereka ini kurang memiliki empati kepada keluarga korban," kata Edi Hasibuan saat dihubungi di Jakarta, Jumat (22/7). 

Menurut Bang Edi, sapaan akrab Edi Hasibuan, Kapolri Jenderal Listyo yang mendengarkan masukan dan kritikan masyarakat itu menjadi tanda bahwa Polri terbuka dan profesional dalam menangani kasus yang menewaskan Brigadir J. 

Dia mengatakan masyarakat bisa melihat kesungguhan Kapolri Jenderal Listyo yang tidak ragu dalam melakukan penindakan kepada siapa saja yang diduga terlibat atau menyalahi wewenang. "Saya kira dalam kasus ini, Polri tidak akan main-main karena kepercayaan masyarakat kepada Polri ini yang dipertaruhkan," ungkap mantan komisoner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) itu. 

Lebih lanjut Bang Edi mengatakan Kapolri Jenderal Listyo ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa Polri mengusut kasus tersebut secara transparan dan tidak ada yang ditutup-tutupi, sehingga rakyat bisa kian percaya kepada institusi tersebut.

Kapolri telah menonaktifkan Brigjen Hendra Kurniawan dan Kombes Budhi Herdy Susianto terkait pengusutan kasus kematian Brigadir J. Bang Edi merespons.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News