Kapolri Minta ASN Jaga Netralitas Saat Pilkada

Kapolri Minta ASN Jaga Netralitas Saat Pilkada
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, BOGOR - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menekankan pentingnya menjaga netralitas dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 di 171 daerah. Karena itu, pihaknya akan melakukan pendekatan kepada semua stakeholder terkait agar menjalankan peran masing-masing secara profesional.

“Pengawas Pemilu, penyelenggara Pemilu, TNI, Polri harus netral, aparat sipil negara (ASN) netral. Pemda jangan menggunakan politik anggaran untuk menekan pihak-pihak tertentu misalnya," ucap Tito usai Rapat Pleno Kabinet soal Pilkada Serentak di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/12).

Mantan Kapolda Metro Jaya itu mengajak media ikut menjaga situasi tetap kondusif melalui pemberitaan yang berimbang dan meminimalisasi potensi konflik.

"Media juga kami minta jangan membuat pemberitaan yang manas-manasi gitu. Dalam rangka mengejar ekslusive news, rating, jangan korbankan itu. Masyarakat bisa berkonflik. Jadi tolong media konvensional maupun sosial, ini semua yang mendinginkan suasana,” tutur lulusan Akabri 1987 ini.

Terkait kesiapan personel di daerah, Tito memastikan sudah siap. Kuncinya, kata dia, soliditas Polri dan TNI.

Karena itu, dia akan membangun komunikasi dengan jajaran TNI. Termasuk jajaran Polda dan Polres harus melakukan hal yang sama dengan para Dandim dan Danrem.

Karena Pilkada melibatkan masyarakat luas, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan para tokoh agama, adat, organisasi kemasyarakatan.

“Semua mesti dirangkul. Boleh berpihak ke mana, tapi ingat idealisme untuk menjaga persatuan dan kestauan, jangan sampai masyarakat terbelah, konflik fisik itu jangan sampai terjadi,” pungkasnya.(fat/jpnn)


Karena Pilkada melibatkan masyarakat luas, Kapolri juga akan berkoordinasi dengan para tokoh agama, adat, dan organisasi kemasyarakatan.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News