Rabu, 21 Agustus 2019 – 22:43 WIB

Kapolri: Terorisme Seperti Narkoba, Bisa Menyasar Siapa Saja

Selasa, 05 Juni 2018 – 23:25 WIB
Kapolri: Terorisme Seperti Narkoba, Bisa Menyasar Siapa Saja - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jendral Tito Karnavian mengungkapkan seseorang yang terpapar pemahaman radikal atau terorisme sangat berbahaya. Pasalnya, seseorang terpapar paham tersebut akan susah mengembalikannya untuk kembali normal. Tito bahkan mengumpamakan paham terorisme ini sama dengan narkoba atau virus.

“Pemahaman teroris ini sama saja seperti virus, bisa menyasar siapa saja. Bisa menyasar semua kalangan, sama seperti narkoba,” ujar Tito di Mabes Polri Jakarta Selatan, Selasa (5/6).

Hal ini dikuatkan dengan tertangkapnya terduga teroris yang merupakan alumni mahasiswa Universitas Riau (UNRI). Ideologi terorisme juga tak pandang keluarga maupun profesi seseorang.

“Bisa mulai dari masyarakat umum, satu keluarga seperti di Surabaya maupun mahasiswa, bahkan polisi juga, kasus di Jambi, sudah terpapar juga ideologi itu,” imbuh Tito.

Menurut dia, aksi terorisme yang baru-baru ini terjadi adalah puncak gunung es. Tetapi, akarnya yang harus diberantas yakni penyebaran pemahaman ideologi terorisme.

“Akar masalah ini harus dilakukan dengan langkah-langkah khusus, tidak bisa dihadapi dengan senjata. Tapi ideologi harus ditutup dengan ideologi yang lain,” ujar dia.

Untuk membendung hal ini, Polri telah bekerja sama dengan banyak pihak. Polisi menggandeng TNI hingga dengan organisasi masyarakat (ormas) untuk melakukan pendekatan dengan masyarakat.

“Termasuk ormas-ormas juga perlu untuk kita kerja bersama-sama. Ini harus diorganisir dalam rencana aksi nasional untuk membendung dan menetralisir ideologi radikal,” terang Tito.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar