Kapuspen Kemendagri: Jajaran Dinas Dukcapil Bekerja Militan

Kapuspen Kemendagri: Jajaran Dinas Dukcapil Bekerja Militan
PNS di Dinas Kependudukan Kabupaten Lanny Jaya, Papua, melayani pengurusan E-KTP warga, Senin (11/6). Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hampir seluruh dinas kependudukan di seluruh daerah tetap membukalayanan pengurusan e-KTP meski secara resmi para PNS sudah libur lebaran mulai Senin (11/6).

Kapuspen Kemendagri Bahtiar mengatakan, hal tersebut sesuai instruksi Ditjen Dukcapil Kemendagri), atas arahan Mendagri Tjahjo Kumolo agar PNS tetap hadir melayani masyarakat di hari liburan lebaran.

“Dan, itu konkrit dilakukan secara serentak di sebagian besar daerah di Indonesia. Bahkan di daerah pelosok seperti di Papua,” ujar Bahtiar, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (11/6).

“Ketika orang berlibur atau mudik, orang sangat membutuhkam dokumen kependudukan. Maka kami hadir. Awalnya iniastif. Mendagri kemudian memberikan arahan untuk meniru inisiatif seperti yang dilakukan Pemda Jawa Tengah, kini semua daerah mengikutinya. Ini yang harus diapresiasi," kata Bahtiar yang baru pekan lalu dilantik menjai Kapuspen Kemendagri.

Sekarang ini, lanjut Bahtiar, berdasarkan laporan yang diterima hampir semua Dinas Dukcapil di daerah membuka layanan di hari libur. Ia contohkan, pada 11 Juni ini, Dinas Dukcapil Kota Ternate tetap melayani masyarakat yang ingin mengurus e-KTP atau dokumen kependudukan lainnya. Contoh lainnya di Dinas Dukcapil Tanah Laut Kalimantan Selatan.

BACA JUGA: Lihat, PNS Tetap Ngantor Layani Pengurusan E-KTP

Di Penajam Paser Utara juga begitu, kata Bahtiar, tetap membuka layanan. Pun di Dinas Dukcapil Kabupaten Badung dan Bangli, Bali, pada Senin 11 Juni 2018 tetap membuka layanan. Pelayanan juga tetap dibuka di Dinas Dukcapil Kabupaten Jembrana. Juga telah dilaporkan bahwa di Distrik Kolawa telah melakukan perekaman offline.

Kapuspen Kemendagri: Jajaran Dinas Dukcapil Bekerja Militan

Kapuspen Kemendagri Bahtiar mengapresiasi para PNS tetap memberikan layanan pengurusan E-KTP meski secara resmi hari ini (11/6) sudah mulai libur lebaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News