Tentang Sosok Bahtiar, Kapuspen Baru Kemendagri

Tentang Sosok Bahtiar, Kapuspen Baru Kemendagri
Dr. Drs. Bahtiar, M.Si saat bicara di Forum Komunikasi Sosial Politik dalam rangka Menciptakan Stabilitas Politik Dalam Negeri, di Raja Ampat, Papua Barat, Jumat (10/11). Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar, dilantik menjadi Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Kamis (7/6). Pilihan Mendagri Tjahjo Kumolo menunjuk birokrat bergelar doktor itu tampaknya pas. Mengapa?

Pertama, Bahtiar yang merupakan pria asal Bone, Sulsel, itu sudah dekat dengan kalangan jurnalis sejak menjabat Kasubdit Ormas Ditjen Polpum Kemendagri. Selain pimpinan ormas dan pejabat Badan Kesbangpol dari daerah, yang kerap diajak ngobrol di ruang kerjanya adalah wartawan.

Kedekatan dengan jurnalis berlanjut ketika Bahtiar naik jabatan sebagai Direktur Perundang-undangan Ditjen Polpum. Dia juga sangat paham terhadap peran media massa. Mengenai hal ini, ada cerita bagaimana alumni APDN (Akademi Pemerintahan Dalam Negeri, sekarang IPDN) itu berupaya mendekatkan pimpinannya pada wartawan.

“Bang, besok datang ya, ketemu Pak Dirjen,” begitu bunyi pesan singkat dari Bahtiar, masuk ke ponsel wartawan JPNN, tiga tahun silam. Yang dimaksud adalah Dirjen Polpum Soedarmo, mantan pejabat BIN (Badan Intelijen Negara) berpangkat mayjen yang dilantik menduduki jabatan eselon I di kemendagri itu, 1 Juli 2015.

Esoknya, 29 September 2015, saya langsung ke gedung kemendagri. Yang pertama kujumpai ya Bang Bahtiar.

Sepertinya, Bahtiar sudah paham tentang apa yang ada di benak wartawan. Sebelum ditanya, dia sudah menjelaskan mengenai sosok bosnya yang baru itu. “Pak Jenderal itu memang tidak gampang bicara dengan wartawan. Maklumlah, beliau sudah lama di BIN,” ujar Bang Bahtiar membuka percakapan.

Tentang Sosok Bahtiar, Kapuspen Baru Kemendagri

“Tapi saya sudah sampaikan ke beliau, sekarang saatnya Bapak harus bertemu wartawan. Publik perlu tahu apa yang sudah dan akan dikerjakan ditjen Polpum,” imbuh pria yang aktif dalam proses perumusan UU Ormas itu. Saat itu. Tiga tahun yang lalu.

Rupanya, Bang Bahtiar merancang pertemuan sejumlah wartawan dengan Mayjen Soedarmo. Hari itu, pertama kali Mayjen Soedarmo yang sudah menduduki jabatan sipil bertemu dengan sejumlah wartawan.

Bahtiar dilantik menjadi Kapuspen Kemendagri, sebelumnya merupakan Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Polpum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News