JPNN.com

Karena 4 Faktor Ini, Asyik Bakal Juara di Jabar

Jumat, 22 Juni 2018 – 20:22 WIB Karena 4 Faktor Ini, Asyik Bakal Juara di Jabar - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pilkada Jawa Barat 2018 yang diikuti empat pasangan calon (Paslon) diprediksi akan menjadi pertarungan sengit. Pasangan Sudrajat-Syaikhu (Asyik) dinilai berpeluang jadi juara.

Direktur Survei & Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara, mengungkapkan, terdapat 4 faktor penting penentu kemenangan pasangan Asyik.

Pertama, Prabowo Subianto dan Ahmad Heryawan (Aher) adalah dua sosok penting yang bisa mewujudkan kemenangan bagi pasangan nomer urut 3 tersebut. Prabowo Subianto sebagai Ketum Partai Gerindra, kata dia, masih berpengaruh kuat bagi masyarakat Jabar.

"Berdasarkan hasil survei SPIN, elektabilitas Prabowo (37,1%) masih unggul atas Jokowi (30,5%) di Jawa Barat. Keunggulan Prabowo ini sudah tercermin dalam kemenangannya di Provinsi Jabar sebagai ladang suara saat Pilpres 2014," katanya di Jakarta, Jumat (22/6).

Sementara, lanjut dia, kinerja Ahmad Heryawan yang sukses memimpin Jabar selama dua periode punya nilai plus dalam memberikan dukungannya kepada pasangan Asyik.

Dulu, kata Igor, Aher selalu diprediksi kalah di Pilgub 2008 dan 2013 oleh semua lembaga survei.

"Namun faktanya justru menang, karena adanya silent voters, yaitu pemilih diam yang sebenarnya sudah menetapkan pilihan, tetapi tidak dinyatakan secara terbuka," jelas dia.

Igor melihat, doktrin memilih pemimpin sebagai ibadah di PKS, ditambah efektivitas mesin parpol Gerindra, PKS dan PAN diharapkan bisa menyapu bersih undecided voters dan swing voters pada hari H pencoblosan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...