Webinar Pemuda Katolik Pada Hari Ibu 2020

Karolin: Ibu Jadi Garda Terdepan Pendidikan Keluarga Saat Pandemi Covid-19

Karolin: Ibu Jadi Garda Terdepan Pendidikan Keluarga Saat Pandemi Covid-19
Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Pemuda Katolik Karolin Margret Natasa. Foto: Dok. Pemuda Katolik

jpnn.com, JAKARTA - Tugas dan tanggung jawab seorang ibu makin besar dan kompleks di era pandemi Covid-19. Tidak seperti sebelumnya pada masa normal, di era pandemi Covid-19, peran dan tanggung jawab Ibu sebagai garda terdepan pendidikan keluarga menghadapi berbagai tantangan yang makin besar.

Berbagai tantangan itu kian kompeks di tengah arus informasi yang cepat dan masif akibat kemajuan teknologi informasi yang dipicu oleh revolusi industri 4.0.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Pemuda Katolik Karolin Margret Natasa, Senin (21/12/2020) terkait rencana Webinar Nasional yang diselenggarakan Lembaga Pengkajian Publik Pemuda Katolik pada Selasa, 22 Desember 2020 mulai pukul 19.00 -21.30 melalui aplikasi Zoom Meeting.

Webinar nasional dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun 2020 tersebut mengusung tema “Ibu Sebagai Garda Terdepan Pendidikan Keluarga Saat Pandemi Covid-19.”

“Pada momentum Hari Ibu tahun ini, PP Pemuda Katolik memandang penting dan perlu merefleksikan peran Ibu sebagai garda terdepan pendidikan keluarga-keluarga di Indonesia. Keberadaan Ibu menjadi semakin  sentral dalam mengatur dan mengendalikan berbagai aktivitas keluarga dan pendidikan nilai bagi anak-anak di masa sulit akibat pandemi Covid-19,” kata Karolin.

Dalam kondisi normal, jelas Karolin, seorang ibu umumnya mengerjakan dan mengatur berbagai kebutuhan rumah tangga, mengurus dan merawat anak-anak berkaitan dengan kebutuhan akan gizi, sekolah, dan bermain. Seorang ibu juga mengemban tanggung jawab mengajarkan dan mempraktikkan nilai-nilai yang baik kepada anak.

Namun, di masa abnormal akibat pandemi Covid-19, tugas dan tanggungjawab seorang ibu bertambah, yaitu memastikan seluruh anggota keluarganya dalam kondisi sehat, aman dan nyaman. Pada saat yang sama, ibu juga dituntut untuk mampu mengontrol dan mengendalikan penggunaan internet oleh anak-anak agar tidak terjerumus pada konten-konten yang negatif dan menyesatkan.

Menurut Karolin, situasi pandemik Covid-19 saat ini menjadikan Ibu makin bertambah bebannya untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi untuk tetap mempertahankan kelangsungan hidup keluarga.

Pemuda Katolik menggelar Webinar nasional dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun 2020 dengan mengusung tema 'Ibu Sebagai Garda Terdepan Pendidikan Keluarga Saat Pandemi Covid-19.'

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News