Karya Tulis Terangi Kampung

Mahasiswa Unand Ciptakan Pembangkit Listrik Mikro Hidro

Karya Tulis Terangi Kampung
Karya Tulis Terangi Kampung
PADANG- Membanggakan sekali kreativitas mahasiswa Jurusan Listrik Polteknik Universitas Andalas, Padang ini. Di tengah sulitnya PLN memberina penerangan menyeluruh ke pada warga di seluruh negeri, mereka meretas jalan dengan memberikan aliran listrik kepada warga di RW 06 Guo, Kelurahan Kuranji, Padang, dari hasil penerapan karya tulis ilmiah tugas akhir mahasiswa. Para mahasiswa Unand itu berhasil membuat sebuah pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) berkekuatan 10.000 watt.

Wakil Walikota Padang, Mayeldi Ansharullah meresmikan penggunaan pembangkit listrik yang menghabiskan dana Rp40 juta itu. Pembangkit listrik ini dibangun selama 6 bulan dan dikerjakan secara swadaya mahasiswa, dosen, dan masyarakat setempat.

"Sistem kerjanya PLTMH melalui tenaga air yang disalurkan melalui sebuah dam ke mesin turbinnya. Untuk saat ini mesin turbinnya mesti dioperasikan secara manual. Kami berharap, akan disempurnakan adik-adik tingkat yang tahun depan mungkin saja akan mengerjakan tugas akhirnya di daerah ini, dengan membuat sistem kerjanya secara otomatis," jelas Arlino, Ketua Tim Mahasiswa Poltek Unand.

Dia menyebutkan, tidak mudah untuk menyelesaikan karya ilmiah yang memakan waktu 6 bulan, terutama waktu pembuatan bendungan atau dam. "Pembuatan bendungan bagi kami hal tersulit, karena secara akedemis, ilmu yang kami miliki tidak banyak untuk hal itu. Dan untung saja dosen dan masyarakat tidak melepas kami sendirian, sehingga pengerjaannya menjadi terasa lebih ringan," ungkap Arlino.

PADANG- Membanggakan sekali kreativitas mahasiswa Jurusan Listrik Polteknik Universitas Andalas, Padang ini. Di tengah sulitnya PLN memberina penerangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News