Kasal Kirab Api Abadi Asian Games XVIII 2018 di Makassar

Kasal Kirab Api Abadi Asian Games XVIII 2018 di Makassar
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji melaksanakan Kirab Api Obor (torch relay) Asian Games XVIII tahun 2018 yang berlayar menggunakan KRI Dewaruci di perairan Makassar, Minggu (29/7). Foto: Dispenal

jpnn.com, MAKASSAR - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji melaksanakan Kirab Api Obor (torch relay) Asian Games XVIII tahun 2018 yang berlayar menggunakan KRI Dewaruci di perairan Makassar, Minggu (29/7).

Pada saat Kasal tiba di Kabupaten Bulukumba, Api Abadi Asian Games tersebut diserahkan dari Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono kepada Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Kasal Kirab Api Abadi Asian Games XVIII 2018 di Makassar

Prosesi penyambutan Api Abadi Asian Games KRI Dewaruci di Dermaga Layang Lantamal VI diawali dengan melewati pancuran air raksasa menyerupai gapura. Setelah tiba di dermaga Layang Lantamal VI, Kasal turun dari kapal Dewaruci dengan dikawal Bima (tokoh pewayangan), Dewa Neptunus dan Dewi Amphitrite membawa Api Obor Asian Games.

Sementara itu, di Dermaga telah siap menyambut pasukan perang yang dikenal dengan tubarania yaitu prosesi penyambutan Api Obor Asian Games dimulai dan disambut dengan Anggaruk (Sumpah Setia) oleh pasukan kerajaan Gowa yang berbaju adat Makassar, Tari Paraga serta pengalungan bunga Dara Daeng Makassar kepada Kasal.

Kasal Kirab Api Abadi Asian Games XVIII 2018 di Makassar

Kasal Kirab Api Abadi Asian Games yang berasal dari India tersebut on Board menggunakan KRI Dewaruci yang didampingi oleh Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono, dan diikuti Forkopimda Sulawesi Selatan lainnya.

Pelaksanaan Kirab Api Abadi Asian Games di perairan Makassar berlangsung sangat meriah dengan dikawal Kapal Perang Indonesia yakni 3 KRI, 2 KAL, Kapal Unsur Maritim, 4 Perahu Pinisi, Sea Rider 3 Unsur Maritime dan juga dimeriahkan dengan Parade Roll, Perahu Hias traditional Nelayan Paotere dan 8 Jet Ski Makassar menuju Dermaga Layang Mako Lantamal VI.

Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji melaksanakan Kirab Api Obor Asian Games 2018 yang berlayar menggunakan KRI Dewaruci di perairan Makassar, Minggu (29/7).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News