Kasal Pimpin Penyambutan Kapal Selam Terbaru Milik TNI AL

Kasal Pimpin Penyambutan Kapal Selam Terbaru Milik TNI AL
Kasal Laksamana TNI Ade Supandi (kedua kiri) memimpin upacara penyambutan kedatangan KRI Ardadedali-404 di Dermaga Kapal Selam, Ujung Koarmada II, Surabaya, Kamis (17/5). Foto: Dispenal

jpnn.com, SURABAYA - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi memimpin upacara penyambutan kedatangan KRI Ardadedali-404 di Dermaga Kapal Selam, Ujung Koarmada II, Surabaya, Kamis(17/5/2018).

Kapal selam terbaru ini tiba dari Korea Selatan setelah diresmikan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu dan Ibu Nora Ryamizard Ryacudu pada tanggal 25 April yang lalu.

Kasal dalam sambutannya menjelaskan KRI Ardadedali-404 merupakan kapal selam kelas 209/1400 kedua setelah KRI Nagapasa-403 dari tiga buah kapal selam sejenis yang dibangun di Korea Selatan dan Indonesia.

Kasal Pimpin Penyambutan Kapal Selam Terbaru Milik TNI AL

Menurut Laksamana Ade, dalam rangka Transfer of Technology sekaligus Transfer of Knowledge, pembangunan kapal selam ketiga direncanakan akan dilaksanakan di galangan PT PAL Indonesia. Hal ini merupakan kontribusi positif bagi kemajuan industri pertahanan terutama PT PAL, dalam rangka proses alih teknologi yang pada gilirannya akan dapat membangun kemandirian produksi dalam negeri di bidang teknologi pengembangan Alutsista TNI.

“Nama Ardadedali diambil berdasarkan nama senjata berupa panah milik tokoh pewayangan Arjuna, dimana senjata ini memiliki mata panah berbentuk burung dan memiliki jiwa namun senjata ini saat dilepaskan kearah musuh memiliki keistimewaan mematuk dan melumpuhkan lawannya,” ujar Kasal.

Kasal Pimpin Penyambutan Kapal Selam Terbaru Milik TNI AL

KRI Ardadedali-404

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi memimpin upacara penyambutan kedatangan KRI Ardadedali-404 di Dermaga Kapal Selam, Ujung Koarmada II, Surabaya, Kamis (17/5).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News