KASAU Bertemu Pemimpin Angkatan Udara Singapura, Bahas Kerja Sama Pertempuran Udara

KASAU Bertemu Pemimpin Angkatan Udara Singapura, Bahas Kerja Sama Pertempuran Udara
Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Chief of Air Force Republic of Singapore Air Force (CAF RSAF), Major General Kelvin Khong Boon Leong. foto: dok TNI AU

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan Chief of Air Force Republic of Singapore Air Force (CAF RSAF), Major General Kelvin Khong Boon Leong menandatangani Deklarasi Bersama hubungan persahabatan dan kerja sama antara TNI AU dan RSAF melalui video konferensi.

Deklarasi bersama ini ditandatangani pada saat perayaan ke 40 tahun hubungan bilateral TNI AU dan RSAF yang diselenggarakan secara virtual dari pangkalan udara kedua negara, Kasau di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, sedangkan CAF RSAF di Tengah Air Force Base, Singapura.

Kedua pucuk pimpinan Angkatan Udara ini sepakat melanjutkan dan meningkatkan berbagai kerja sama untuk memperkuat hubungan bilateral yang didasarkan pada prinsip saling pengertian, rasa hormat dan kepercayaan.

Sejumlah poin penting pada deklarasi bersama yang ditandatangani tersebut, berisi tentang komitmen kedua angkatan udara.

Antara lain dalam meningkatkan perdamaian dan keamanan di kawasan, interaksi kepemimpinan, membangun interoperabilitas melalui latihan bersama dan pelaksanaan kursus serta pelatihan.

Selain itu kedua angkatan udara juga berkomitmen melanjutkan dan meningkatkan pertukaran ahli dan personel, memerangi ancaman asimetris seperti terorisme dan membawa hubungan kerja sama militer bilateral kedua belah pihak pada tingkat yang lebih tinggi.

Pada kesempatan perayaan ke-40 hubungan bilateral ini Kasau menyampaikan, selama empat dekade terakhir, kedua angkatan udara telah banyak menghasilkan kerjasama yang sukses dan bermanfaat, seperti latihan bersama, program pendidikan, pertukaran profesional, dan dialog.

“Bahkan di tengah pandemi Covid-19, angkatan udara kami terus mencari metode dan pendekatan baru untuk menjaga hubungan yang solid antar-angkatan udara,” ungkap Kasau.

KASAU dan Angkatan Udara Singapura membahas peningkatan kemampuan taktik pertempuran di udara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News