Kasetpres: Keamanan Presiden Jokowi Prioritas Nomor Satu

Kasetpres: Keamanan Presiden Jokowi Prioritas Nomor Satu
UNDIAN NOMOR: Dua calon presiden (capres) Joko Widodo dan Prabowo Subianto saat penarikan undian nomor urut di KPU, Jumat (21/9) malam. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan ada beberapa hal yang melekat kepada Presiden Joko Widodo meskipun juga berstatus calon presiden di Pilpres 2019.

Hal yang melekat 24 jam itu adalah paspampres, protokoler, dan kesehatan. "Itu melekat 24 jam kepada Bapak Presiden," kata Heru di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Adapun pengamanan yang disiapkan Polri untuk capres dan cawapres, satuan yang dibentuk akan selalu berkoodinasi dengan Sekretariat Militer Presiden dan Paspampres.

Dalam hal penggunaan kendaraan dinas apakah bisa dipakai saat presiden cuti kampanye, Heru menerangkan bahwa fasilitas yang melekat pada kepala negara itu adalah pengamanan meliputi paspampres dengan fasilitasnya.

Karena itu, Jokowi bisa menggunaan kendaraan yang masuk dalam fasilitas pengamanan termasuk kategori kendaraan keras.

Namun telah disepakati bahwa rangkaiannya terbatas atau minimalis tanpa mengurangi keamanan kepala negara.

"Jadi tetap kami pertimbangkan di berbagai titik. Tidak harus selalu sama, tapi ketika aman dan menggunakan kendaraan lain kami silakan. Tetapi kami sebagai pelayan Bapak Presiden memberikan yang terbaik, keamanan nomor satu," tegasnya.(fat/jpnn)


Capres Jokowi teta[ bisa menggunaan kendaraan yang masuk dalam fasilitas pengamanan.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News