Kasus Bioremediasi, Pekerja dan Mitra Chevron Menuntut Keadilan

Kasus Bioremediasi, Pekerja dan Mitra Chevron Menuntut Keadilan
Kasus Bioremediasi, Pekerja dan Mitra Chevron Menuntut Keadilan

jpnn.com - JAKARTA – Perwakilan pekerja dan mitra kerja Chevron mendatangi kantor Mahkamah Agung (MA), Istana Presiden dan Kantor Transisi Jokowi-JK, Senin (29/9). Perwakilan yang terdiri dari 15 orang ini mewakili pekerja dari seluruh wilayah operasi di Sumatera, Kalimantan Timur dan Jakarta.

Wakil pekerja dari Sumatera, Julyus Wardiyan mengatakan kehadiran perwakilan pekerja dan mitra di Jakarta dalam rangka mengadukan ketidakadilan yang menimpa rekan-rekannya dalam proses hukum kasus bioremediasi. Mereka juga menyerahkan surat terbuka yang telah ditanda tangani oleh lima ribu pekerja dan mitra kerja Chevron.

“Kami mewakili ribuan pekerja dan mitra kerja Chevron, membawa surat terbuka untuk mengadukan nasib rekan-rekan kami. Kami datang dari seluruh wilayah Chevron di Riau, Jakarta dan Kalimantan,” kata Julyus dalam keterangan persnya, Senin (29/9).

Seperti diketahui, pada pertengahan tahun 2012, ada lima terdakwa yang divonis bersalah terkait dengan dugaan korupsi proyek normalisasi lahan tercemar minyak atau bioremediasi lahan di Riau. Mereka adalah Ricksy Prematury (Direktur PT Green Planet Indonesia), Herlan Bin Ompo (Direktur Sumigita Jaya), Endah Rumbiyanti alias Rumbi (Manajer Lingkungan SLN/SLS PT CPI), Widodo (Team Leader Sumatera Light North PT CPI) dan Kukuh Kertasafari (Team Leader SLS).

Julyus menjelaskan orang-orang yang terjerat kasus ini memiliki sosok-sosok yang baik dan berintegritas. Ia yakin rekan-rekannya yang telah divonis bersalah hanya menjadi korban dari hukum yang tidak adil.

“Kami sangat prihatin karena kasus hukum yang menjerat rekan-rekan kami ini karena lebih dari dua tahun kasus ini telah menimbulkan kesulitan yang luar biasa terhadap rekan-rekan kami dan keluarganya,” ujarnya. (awa/jpnn)

Berikut Surat Pekerja dan Mitra Kerja Chevron

Kepada yang terhormat:
Mahkamah Agung Republik Indonesia
Presiden Republik Indonesia
Presiden Terpilih Republik Indonesia

JAKARTA – Perwakilan pekerja dan mitra kerja Chevron mendatangi kantor Mahkamah Agung (MA), Istana Presiden dan Kantor Transisi Jokowi-JK,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News