Kasus Covid-19 Makin Meningkat, Melki Laka Lena Dorong Pengerahan Tenaga Kesehatan 'Semesta'

Kasus Covid-19 Makin Meningkat, Melki Laka Lena Dorong Pengerahan Tenaga Kesehatan 'Semesta'
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Melki Laka Lena. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena meminta pemerintah mempersiapkan segala kebutuhan penanganan Covid-19 yang memadai di seluruh rumah sakit dan tempat isolasi terpusat, terutama obat-obatan, oksigen, dan tenaga kesehatan (nakes). 

Melki juga meminta pemerintah untuk mempersiapkan para tenaga kesehatan yang sebelumnya tidak menangani pasien Covid-19 agar bisa segera ikut andil. 

"Pemerintah mesti memikirkan sebuah pola yang lebih baik di lapangan, bagaimana agar nakes yang ada hari ini bisa dikerahkan, yang istilah kami itu pengerahan tenaga kesehatan  'semesta'," kata Melki kepada JPNN.com, Sabtu (10/7) 

Hal ini, lanjut Melki, berkaca dari keterbatasan tenaga kesehatan yang selama ini sudah lelah menangani Covid-19. 

Dia juga meminta agar ada kerja sama antara Kementerian Kesehatan dengan organisasi profesi untuk mempermudah para tenaga kesehatan yang baru lulus kuliah juga bisa ikut andil menangani Covid-19. 

"Termasuk teman-teman nakes yang sudah lulus dari berbagai kampus dan mereka belum punya surat izin praktik perlu dipermudah agar mereka bisa segera kerja membantu penanganan Covid-19 maupun bukan," lanjut politikus Golkar itu. 

Legislator dari Dapil NTT II itu itu juga meminta para mahasiswa kesehatan tingkat akhir untuk dipersiapkan sebagai tenaga kesehatan cadangan dalam penanganan Covid-19. 

"Perlu disiapkan untuk terjun menangani Covid-19 dan pelayanan kesehatan yang lain, karena ini kondisi negara memanggil," tutur Melki.(mcr8/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena meminta pemerintah untuk memenuhi persediaan obat-obatan dan oksigen di berbagai rumah sakit dan pengerahan tenaga kesehatan 'semesta' untuk menangani Covid-19.


Redaktur & Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News