Kasus Covid-19 Meningkat, Begini Usul Prof Tjandra

Kasus Covid-19 Meningkat, Begini Usul Prof Tjandra
Waspada varian baru corona. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Tjandra Yoga Aditama mengatakan saat ini ada lebih dari 12 ribu kasus Covid-19, padahal Kementerian Kesehatan memperkirakan puncak kasus akan terjadi akhir Juni.

Dia menjelaskan lima langkah yang perlu dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat ini.

"Pertama adalah pembatasan sosial, sesuatu yang mutlak diperlukan saat ini," kata Prof Tjandra dalam keterangannya, Jumat (18/6).

Dengan perkembangan sekarang, lanjut Tjandra, tidak mungkin hanya meneruskan program yang sudah ada, tetapi harus ada peningkatan pembatasan sosial secara nyata dan jelas.

Kemudian, Tjandra juga mendorong pemerintah untuk meningkatkan test dan tracing.

"Kedua hal ini, angka indikator targetnya jelas. Hanya tinggal dipastikan pelaksanaannya di semua kabupaten/kota secara merata dengan komitmen yang jelas," ucap Tjandra.

Lebih lanjut, upaya yang harus dilakukan pemerintah menurut Tjandra ialah meningkatkan fasilitas pelayanan dan kesejahteraan tenaga kesehatan.

"Bukan hanya ruang isolasi dan ICU, alat dan obat, sarana dan prasarana lain, tetapi yang paling penting adalah SDM petugas kesehatan yang harus terjamin bekerja secara aman," tuturnya.

Upaya keempat yang disebut Tjandra ialah kepastian adanya data yang akurat dan selalu diperbarui.

Analisa data ini, kata Tjandra, harus dilakukan dengan dasar ilmu pengetahuan yang baik dan bijak untuk menentukan kebijakan publik yang berbasis ilmiah.

Terakhir, Tjandra berharap laju vaksinasi bisa cepat mencapai target karena vaksinasi berperan dalam pengendalian pandemi dan pembentukan kekebalan komunal.

"Harus diingat juga bahwa untuk menentukan berapa jumlah orang yang harus divaksin agar tercapai kekebalan komunal (herd immunity) maka akan tergantung dari angka reproduksi penyakit dan juga efektifitas vaksin," paparnya.(mcr9/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Tjandra Yoga Aditama mengatakan saat ini ada lebih dari 12 ribu kasus Covid 19 padahal Kemenkes memperkirakan puncak kasus akan terjadi akhir Juni.


Redaktur & Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News