Kasus Covid-19 Meningkat, Luhut Binsar Sebut Transmisi Lokal Mendominasi

Kasus Covid-19 Meningkat, Luhut Binsar Sebut Transmisi Lokal Mendominasi
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Padjaitan menjelaskan situasi pandemi Covid-19 di Jawa dan Bali dalam seminggu terakhir.

Dia mengakui kenaikan kasus harian Covid-19 didominasi oleh wilayah Jawa dan Bali.

"Kenaikan di Jawa-Bali kami identifikasi masih bersumber dari peningkatan pada wilayah aglomerasi Jabodetabek," kata Luhut Binsar dalam konferensi pers virtual, Senin (24/1).

Koordinator PPKM Jawa-Bali itu mengungkapkan kasus Covid-19 yang disebabkan oleh pelaku perjalanan luar negeri saat ini berada di bawah 10 persen dari total kasus nasional.

"Dari sini dapat disimpulkan bahwa transmisi lokal yang terjadi di Indonesia sudah lebih mendominasi dibanding waktu sebelumnya," ujar dia.

Untuk itu, lanjut Luhut Binsar, pemerintah terus mewaspadai tren positivity rate.

"Positivity rate masih di bawah standar WHO 5 persen, tetapi positivity rate PCR sudah meningkat menjadi 9 persen," ungkap politikus Partai Golkar itu.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk waspada dengan menjaga protokol kesehatan, melakukan vaksinasi, dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. (mcr9/jpnn)

Menko Marves Luhut Binsar Padjaitan menjelaskan situasi pandemi Covid-19 di Jawa dan Bali dalam seminggu terakhir. Menurut Luhut Binsar, peningkatan kasus Covid-19 didominasi transmisi lokal.


Redaktur : Boy
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News