Kasus COVID-19 Tembus 40 Juta, Amerika Waspadai Varian Mu

Kasus COVID-19 Tembus 40 Juta, Amerika Waspadai Varian Mu
Pakar penyakit menular terkemuka Dr. Anthony Fauci bersaksi di depan Senat AS di Washington, AS, Juli 2021. Foto: ANTARA/Pool via Reuters

jpnn.com, NEW YORK CITY - Kasus virus corona di Amerika Serikat menembus angka 40 juta semenjak pandemi mewabah, menurut Universitas Johns Hopkins.

Universitas yang berbasis di Maryland itu mencatat 40.096.188 kasus dan 649.438 kematian akibat COVID-19 hingga 7 September.

AS sedang bergulat dengan varian Delta virus corona yang telah memicu sebagian besar kasus dalam beberapa pekan terakhir dan varian baru Mu kini menyebar ke seluruh wilayah AS.

Menurut sejumlah media, varian yang mulanya muncul di Kolombia pada Januari itu telah ditemukan di 49 negara bagian AS.

Pekan lalu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan sedang mengawasi varian Mu yang telah dimasukkan ke daftar Variants of Interest (VoI) WHO pada akhir Agustus.

Pakar penyakit menular terkemuka AS Dr. Antony Fauci menyebutkan varian Mu menunjukkan mutasi yang "mengindikasikan bahwa varian itu mungkin memperdaya perlindungan dari antibodi tertentu."

Menurut Fauci, itu "bukan ancaman langsung".

Gedung Putih mengumumkan bahwa Presiden Joe Biden pada Kamis akan menyampaikan pidato tentang rencananya untuk menghentikan penularan varian Delta dan meningkatkan vaksinasi COVID-19.

COVID-19 varian Mu diyakini kini telah menyebar ke seluruh wilayah Amerika Serikat

Sumber Antara