Kasus Covid di Papua Barat Turun, Menko Airlangga Minta Warga Tetap Waspada

Kasus Covid di Papua Barat Turun, Menko Airlangga Minta Warga Tetap Waspada
Menko Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, PAPUA BARAT - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan kunjungan kerja ke Papua Barat.

Dalam kunjungan tersebut, Airlangga mengatakan kepatuhan masyarakat dan penanganan yang baik oleh pemerintah setempat membuat Papua Barat berhasil menurunkan kasus aktif dan masuk dalam Zonasi Risiko Rendah (Zona Hijau), dalam kategori Zonasi Risiko (Satgas).

“Kasus Covid-19 belum selesai, meski telah menurun, Bapak Presiden memberi arahan agar kita selalu ingat dan waspada,” tutur Airlangga dalam Rapat Koordinasi dengan Kepala Daerah dan Forkopimda Provinsi Papua Barat, Jumat (3/9).

Per 2 September 2021, terdapat 257 kasus aktif di Provinsi Papua Barat. Angka tersebut merupakan yang terendah secara nasional di antara 34 Provinsi.

Sepanjang Agustus 2021, pada masa penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kasus aktif berhasil diturunkan sampai dengan -89,56 persen.

Sebelumnya, ada sebanyak 2.462 kasus pada 9 Agustus yang lalu dan turun menjadi 257 kasus pada 2 September 2021. Kasus konfirmasi harian di Papua Barat pun turut mengalami penurunan.

Pada 16 Juli 2021, tercatat sebanyak 605 kasus per hari. Angka tersebut kian menurun selam beberapa pekan terakhir menjadi 50 kasus per hari.

Meski begitu, Airlangga menyampaikan, ekonomi Provinsi Papua Barat pada kuartal II 2021 terkontraksi sebesar 2,39 persen secara Year on Year (YoY).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan kunjungan kerja ke Papua Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News