Menko Airlangga Ajak Pemda Lakukan Inovasi Kebijakan di Kala Pandemi

Menko Airlangga Ajak Pemda Lakukan Inovasi Kebijakan di Kala Pandemi
Menko Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap penanganan pandemi Pemerindah Daerah (Pemda) bisa bergerak cepat dan berinovasi dalam bentuk kebijakan yang menjadi kewenangannya, maupun program-program kerja.

Hal itu disampaikan Airlangga dalam diskusi bertajuk 'Pemulihan Ekonomi Nasional melalui Inovasi Pemerintah Daerah dalam Penanganan Pandemi Covid-19' secara virtual, Selasa (31/8).

Ketua Komite Penanganan Covid dan Pemulihan Ekonomi (KPC-PEN) ini memberi contoh dan apresiasi pada inovasi daerah yang menurutnya dapat ditiru daerah lain.

Misalnya Kabupaten Kudus,  berhasil menekan angka kasus Covid-19 dengan mewajibkan Isolasi Terpusat Isoter) ketika kasus aktif sedang pada puncaknya.

Inovasi lainnya yakni aksi tanggap Pemda Kalimantan Selatan yang membantu membeli hasil panen petani untuk kemudian disumbangkan kepada masyarakat yang sedang Isolasi Mandiri (Isoman).

Kemudian, di Kota Palu terdapat Kampung Tangguh dengan Posko PPKM dan Posko Induk Kelompok Informasi Masyarakat yang didukung Duta Covid-19 untuk mengedukasi masyarakat agar taat protokol kesehatan, juga menjelaskan perihal vaksinasi, dan mendukung percepatan pelaksanaan 3T.

Kampung Tangguh ini juga menyediakan fasilitas check point untuk pemeriksaan keluar masuk warga, penyediaan ruang isolasi, serta menyediakan kebutuhan pangan untuk warga terpapar Covid-19.

Kota Semarang juga ikut berinovasi dengan membebaskan PBB untuk membantu meringankan biaya pengusaha dan warga.

Menko Airlangga berharap penanganan pandemi Pemerindah Daerah (Pemda) bisa bergerak cepat dan berinovasi dalam bentuk kebijakan yang menjadi kewenangannya, maupun program-program kerja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News