Kasus Positif COVID-19 di Kulon Progo Pecah Rekor

Kasus Positif COVID-19 di Kulon Progo Pecah Rekor
Ilustrasi - Kasus Covid-19 meningkat. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, KULON PROGO - Hari ini (3/7) pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, memecahkan rekor penambahan harian sebanyak 493 baru, sehingga total selama pandemi sebanyak 11.463 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati mengatakan tingginya penambahan kasus harian disebabkan adanya lonjakan kasus COVID-19 yang setiap harinya di atas 150 kasus.

Satu kasus, kata dia, hasil penelusurannya tiga hingga empat. Misalnya di Kulon Progo memiliki 100 kasus, maka yang ditelusuri sekitar 350 orang.

"Total kasus terlaporkan Sabtu, 3 juli 2021, sebanyak 493 kasus dari hasil PCR dan Antigen. Selain itu, ada dua terkonfirmasi yang meninggal dunia dan 114 selesai isolasi," kata Baning Rahayujati, Sabtu.

"Kemudian positif rate-nya di atas 50 persen dari yang ditelusuri atau diperiksa. Sehingga bisa jelas gambarannya, dari penambahan kasus ini," katanya.

Untuk itu, Baning mengimbau pada pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat ini, masyarakat yang tidak memiliki kepentingan darurat, jangan keluar rumah.

"Kami juga meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun," katanya.

Lebih lanjut, Baning mengatakan posisi bangsal isolasi RS Rujukan Kulon Progo, Sabtu, 3 juli 2021, hingga 12.00 WIB tingkat keterpakaian tempat tidur pasien COVID-19 mencapai 90 persen.

Posisi bangsal isolasi RS Rujukan Kulon Progo pada hari ini tingkat keterpakaian tempat tidur pasien COVID-19 mencapai 90 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News