Kasus Sunat Perempuan Mulai Disidangkan di Queensland

Kasus Sunat Perempuan Mulai Disidangkan di Queensland
Kasus Sunat Perempuan Mulai Disidangkan di Queensland

Pasangan pertama yang dituntut atas tuduhan mutilasi alat kelamin perempuan di Queensland akan menghadapi hari pertama persidangan hari ini, setelah mereka diduga membawa dua gadis berusia sembilan dan 12 tahun ke Afrika untuk menjalani sunat perempuan.

Pria dan wanita Afrika — yang tidak dapat disebutkan namanya karena alasan hukum — dituntut pada tahun 2015 dengan dua tuduhan masing-masing mengeluarkan seorang anak dari negara bagian Queensland untuk mutilasi kelamin perempuan.

Pelanggaran itu diperkenalkan sebagai undang-undang 18 tahun yang lalu, dan beresiko hukuman hingga 14 tahun penjara, tapi ini adalah kasus pidana pertama yang dilakukan pengadilan di Queensland.

UNICEF memperkirakan setidaknya 200 juta anak perempuan dan wanita secara global telah menjalani praktik - juga dikenal sebagai sunat perempuan, atau mutilasi/pemotongan genital perempuan (female genital mutilation/cutting atau FGM/C) - sebagai bagian dari tradisi budaya yang telah lama berjalan.

Namun, UNICEF menyatakan jumlah pasti gadis dan wanita di seluruh dunia yang hidup dengan FGM/C masih belum diketahui.

Jadi apa itu FGM/C?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan mutilasi kelamin perempuan mencakup semua prosedur yang melibatkan pengangkatan sebagian atau keseluruhan alat kelamin wanita eksternal, atau cedera lain pada organ kelamin perempuan untuk alasan non-medis.

WHO mengatakan itu terjadi di 30 negara termasuk Afrika, Timur Tengah dan Asia dan tidak dianggap sebagai tradisi agama, tetapi budaya.

Wanita Brisbane Saba Abraham - yang Kristen Ortodoks - dan tidak terhubung ke persidangan, dipotong oleh ibunya di Afrika Utara Timur ketika dia baru berusia satu minggu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News