Kata Adik Amrozi tentang Bom Bunuh Diri di Kampung Melayu

Kata Adik Amrozi tentang Bom Bunuh Diri di Kampung Melayu
Suasana di sekitar lokasi ledakan bom di kawasan Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (24/5) malam. Foto: Haritisah Almudatsir/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Peristiwa peledakan bom terjadi secara beruntun. Manchester, Marawi (Filipina), lalu di Halte Transjakarta Terminal Bus Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (24/5) malam.

Tiga aksi terorisme sambung-menyambung dalam tiga hari terakhir. Apakah mereka saling terkait? Belum tentu. Tapi, minimal, peristiwa yang satu menginspirasi yang lain.

Ali Fauzi, mantan kombatan, mengungkapkan, dulu ketika masih jadi ikhwan jihadi, dirinya selalu terkesima tiap mendengar adanya serangan yang dilakukan orang lain dari golongannya.

”Ada perasaan malu yang khusus sehingga bertekad melakukan amaliah secepat mungkin,” kata adik Amrozi dan Ali Imron, dua terpidana mati kasus bom Bali, tersebut.

Karena itu, lanjut Ali, bom di Manchester dan penyerangan di Marawi bisa jadi merupakan inspirasi bagi pelaku bom Kampung Melayu, Jakarta.

Menurut dia, pelaku peledakan bom di Kampung Melayu bisa dikategorikan masih amatir. Sebab, jelas mantan instruktur kamp ikhwan jihadi di Filipina Selatan tersebut, bom yang dihasilkan tidak beda jauh dengan peristiwa lain di Indonesia empat tahun terakhir.

”Berdaya ledak rendah, penyusunan yang tidak benar, dan jelas pelakunya belum mempunyai kemampuan yang baik,” terang pria yang kini menjadi ketua Yayasan Lingkar Perdamaian itu.

Ali Fauzi mengatakan, bom yang meledak di Jakarta tadi malam sangat buruk. ”Bahkan, mungkin tidak ada detonatornya itu,” ucapnya.

Peristiwa peledakan bom terjadi secara beruntun. Manchester, Marawi (Filipina), lalu di Halte Transjakarta Terminal Bus Kampung Melayu, Jakarta Timur,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News