Kata Penutup Pidato Kaesang Pangarep Persis dengan Jokowi

Kata Penutup Pidato Kaesang Pangarep Persis dengan Jokowi
Gaya Kaesang Pangarep saat mengucap kata cinta kepada istrinya dalam pidato sebagai Ketum PSI. Foto: YouTube Partai Solidaritas Indonesia

jpnn.com - JAKARTA – Kata penutup dalam pidato Kaesang Pangarep sebagai Ketum Partai Solidaritas Indonesia sama persis dengan ucapan bapaknya, yakni Presiden Jokowi saat memberi sambutan dalam acara PSI pada Februari lalu.

“PSI, menang pasti menang. Saya rasa cukup sebegitu saja, saya sudah capek,” kata Kaesang di bagian akhir pidatonya dalam Kopi Darat Nasional PSI di Djakarta Theater, Jakarta, Senin (25/9) malam.

Jokowi juga berkata hal yang sama saat menggelorakan semangat kader PSI beberapa bulan lalu.

Bukan kalimat ‘saya sudah capek’, tetapi “PSI, menang pasti menang."

Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menilai pimpinan PSI memang mengharapkan efek Jokowi atau "Jokowi’s effect", setelah Kaesang menjadi Ketum PSI.

"Kaesang belum tiga hari menjadi kader PSI, belum ada jabatan publik yang ia pernah duduki dan belum ada jabatan teras partai politik yang pernah dipimpin. Lalu mengapa pimpinan PSI memilihnya sebagai ketua umum, jawabnya satu frase saja, yaitu berharap kepada 'Jokowi’s effect'," kata Denny JA seperti dikutip dari Antara, Selasa (26/9).

Dia mengungkapkan data survei LSI pada Mei-September 2023, yaitu perolehan suara PSI tidak pernah lebih dari dua persen.

Sementara itu, untuk lolos ambang batas parlemen atau parlementary threshold, PSI membutuhkan minimal 4% sehingga partai itu masih membutuhkan suara sekitar 2% lagi.

PSI lagi ngegas, menghadirkan anak biologis Jokowi, yakni Kaesang Pangarep sebagai ketua umum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News