Kata Ridwan Kamil Saat Meninjau Kesiapan Pasar Jelang Penerapan Normal Baru

Kata Ridwan Kamil Saat Meninjau Kesiapan Pasar Jelang Penerapan Normal Baru
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto: Rizal/Humas Jabar

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil meninjau penerapan protokol kesehatan normal baru atau Pemprov Jabar menyebutnya dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Pasar Panorama Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (14/6).

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil menilai protokol kesehatan AKB sudah berjalan baik, seperti pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan sebelum masuk area pasar.

"Hampir 100 persen semua (pedagang dan pembeli) memakai masker. Tadinya ekspektasi saya agak rendah, tapi alhamdulillah luar biasa,” kata Kang Emil.

Emil meminta kepada Bupati Bandung Barat Aa Umbara, dan pengelola pasar untuk konsisten mengawasi penerapan protokol kesehatan selama AKB.

Salah satunya, intens menginformasikan protokol kesehatan kepada pengunjung dan pembeli melalui pengeras suara yang terdapat di pasar.

"Ada pengeras suara untuk terus mengingatkan karena satu atau dua (pedagang atau pembeli) ada yang tidak disiplin. Tinggal musholanya belum tadi, tinggal diatur pakai selotip untuk tanda jaga jarak. Kalau itu sudah semua fasilitas saya kira sudah baik,” ujarnya.

“Untuk pedagang saya imbau pakai sarung tangan, karena ada serah terima uang fisik atau pegang-pegang benda lainnya yang punya potensi yang tidak terkontrol,” katanya.

Menurut dia, kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di pasar tradisional harus juga disertai dengan tes masif secara berkala, sebagai langkah antisipatif.

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil meninjau penerapan protokol kesehatan normal baru atau Pemprov Jabar menyebutnya dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Pasar Panorama Lembang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News