Kata yang Paling Sering Diucapkan Prabowo dalam Debat Ketiga Capres

Kata yang Paling Sering Diucapkan Prabowo dalam Debat Ketiga Capres
Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan saat debat capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tercatat paling banyak mengucapkan kata 'pertahanan' sepanjang debat ketiga capres yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam (7/1).

Sepanjang debat, ANTARA mencatat Prabowo menyebutkan kata 'pertahanan' sebanyak 18 kali.

Kemudian, "alutsista" atau alat utama sistem pertahanan menjadi kata kedua yang paling sering diucapkan menteri pertahanan itu dalam debat, yakni sebanyak 10 kali; disusul frasa "negara-negara selatan" yang dia sebut enam kali.

Prabowo, yang berpasangan dengan cawapres Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024, juga tercatat menyebut sebanyak tiga kali kata "hilirisasi", di mana kata itu juga menjadi kata yang paling sering disebut Gibran saat Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024.

Selain itu, terdapat pula kata-kata lain terkait isu-isu pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri; namun hanya terucap di bawah lima kali.

Saat menyampaikan visi, misi, dan program kerja dalam debat, Prabowo menegaskan bahwa pertahanan penting untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

"Kita kembali kepada dasar tujuan nasional yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar kita, dalam pembukaan Undang-Undang 1945 tercantum sangat tegas bahwa tujuan nasional kita yang pertama adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Jadi, fungsi dari negara yang pertama adalah melindungi, berarti pertahanan," tutur Prabowo.

Dalam sesi debat itu, capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo kompak mengkritik kebijakan pembelian alutsista bekas oleh Kemhan di bawah kepemimpinan Prabowo.

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tercatat paling banyak mengucapkan kata 'pertahanan' sepanjang debat ketiga capres di Istora Senayan, Minggu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News