Kaum Muda Ingin Sumut Dipimpin Orang Berkarakter

Kaum Muda Ingin Sumut Dipimpin Orang Berkarakter
Effendi Simbolon foto bersama para peserta diskusi. Foto: ist for JPNN.com

jpnn.com, MEDAN - Anggota DPR Effendi MS Simbolon mengatakan, masyarakat Sumatera Utara khususnya kalangan muda menginginkan Provinsi Sumut dipimpin orang yang berkarakter dan berwibawa.

"Berdasar hasil diskusi para tokoh anak muda di Sumut tadi bahwa Sumut menginginkan pemimpin yang berkarakter, berwibawa, punya harga diri, punya jati diri dan komitmen," kata Effendi MS Simbolon usai menghadiri dialog Interaktif dan Pemuda Sumatera Utara yang bertema Quovadis Pembangunan Sumatera Utara di Kafe Ulos, Medan.

Dialog dihadiri perwakilan beberapa ormas kepemudaan antara lain FKPPI, Cipayung Plus, GMNI, HMI, IMM, dan sejumlah wartawan senior.

Lebih lanjut Effendi Simbolon mengatakan, aspirasi yang berkembang dalam diskusi juga menekankan mengenai pentingnya sosok pemimpin Sumut yang jauh dari perilaku korupsi, mampu memberikan pelayanan, dan mengembalikanhak-hak masyarakat yang selama ini terampas.

“Aspirasi dan tanggapan peserta yang hadir menggambarkan kekecewaan terhadap pemimpin yang belum bisa mengakomodir kepentingan rakyat. Hasil diskusi ini akan kami serap dan dilaporkan ke pimpinan nantinya," ucapnya.

Pembicara lain lain, Ketua Umum GM FKPPI Hans Silalahi, menyebut Sumut merupakan barometer politi nasional, sekaligus miniaturnya Indonesia.

Karena itu, lanjutnya, tidak heran jika pemerintah menempatkan 10 proyek strategis nasional di provinsi yang memiliki 1,1 juta hektare lahan kelapa sawit ini. Sayangnya, pelibatan masyarakat masih kurang.

"Berdasar undang-undang nomor 23 tahun 2016 tentang 10 proyek strategis, respons pembangunan masyarakat tidak ada. Kenapa? Masyarakat seolah tidak mau tahu," ucapnya, dalam diskusi kemarin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News