Kaum Muda Jadi Tumpuan Lingkungan Hidup Indonesia di Tengah Perubahan Iklim

Kaum Muda Jadi Tumpuan Lingkungan Hidup Indonesia di Tengah Perubahan Iklim
Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PPI KLHK) Ruandha Agung Sugardiman saat menjadi pembicara di acara Indonesia Youth Climate Summit (IYCS) 2020. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PPI KLHK) Ruandha Agung Sugardiman menyinggung soal peran kaum muda di tengah perubahan iklim.

Menurut Ruandha, kaum muda merupakan tumpuan utama bagi lingkungan hidup Indonesia yang lestari di tengah ancaman perubahan iklim.

“Para pemuda Indonesia ini menjadi tumpuan harapan untuk dapat mewariskan lingkungan hidup yang sehat kepada generasi berikutnya,” ujar dia dalam acara virtual Indonesia Youth Climate Summit (IYCS) 2020, Jumat (28/8).

Ruandha menuturkan, peran pemuda menjadi penting saat dunia tengah menghadapi ancaman perubahan iklim yang berujung pada  krisis pangan, air, dan energi serta meningkatkan potensi kemunculan wabah penyakit.

Selain itu, pemuda juga punya peran dalam usaha Indonesia untuk memenuhi komitmen implementasi Persetujuan Paris.

Di mana, Indonesia ditargetkan menurunkan emisi sebesar 29 persen dalam skema business as usual (BAU) pada 2030 dan 41 persen jika dengan kerja sama internasional.

Target itu, hanya akan tercapai bila terjalin partisipasi dan kerja sama antar pemangku kepentingan dalam keseluruhan tahap implementasi Persetujuan Paris.

"Partisipasi aktif dari pemerintah daerah, dunia usaha, lembaga keuangan, generasi muda yang mewakili unsur masyarakat akan memberikan efek dan dorongan yang besar bagi kesuksesan pengendalian perubahan iklim di Indonesia," tandas Rhuanda. (cuy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Ditjen PPI KLHK menggelar acara virtual Indonesia Youth Climate Summit (IYCS) 2020, mendorong kaum muda diharapkan bisa menjadi tumpuan lingkungan hidup Indonesia di tengah ancaman perubahan iklim.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News