Kaya akan Probiotik, Ini 6 Khasiat Meminum Kefir

Kaya akan Probiotik, Ini 6 Khasiat Meminum Kefir
Minuman kefir. Foto: Live Science

jpnn.com - Kefir tak hanya bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan. Tetapi bisa memberikan ragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi dan probiotik pada kefir cukup tinggi, sehingga baik dikonsumi.

Kefir bahkan dijuluki sebagai sumber minuman paling kaya probiotik. Minuman kaya probiotik memiliki rasa sedikit asam yang merupakan hasil dari kandungan karbon dioksida yang dikembangkan selama proses fermentasi.

Kefir telah terbukti membantu menyeimbangkan ekosistem dalam tubuh melalui pasokan mineral esensial, protein lengkap, dan vitamin B yang berharga. Berikut manfaat Kefir bagi kesehatan, yang dilansir dari Boldsky. 

1. Menurutkan berat badan

Beragam bakteri terdapat di minuman fermentasi ini yang terdiri dari Lactobacillus gasseri, Lactobacillus amylovorus, Lactobacillus paracasei, Lactobacillus fermentum, dan Lactobacillus rhamnosus terbukti membantu menurunkan berat badan. Bakteri ini mengatur hormon serum protein pembakar lemak dalam tubuh Anda. Studi telah mengungkapkan dampak konsumsi kefir pada penurunan berat badan. Orang yang mengosumsi kefir ternyata kehilangan 3-4 persen lemak tubuh dalam waktu enam minggu.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Nutrisi dan senyawa seperti folat dan biotin dalam kefir membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda. Bakteri Lactobacillus kefiri di kefir membantu tubuh Anda dalam pertahanan melawan bakteri berbahaya seperti E. Coli dan salmonella. Banyaknya bakteri baik dalam minuman membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan menghentikan pertumbuhan bakteri predator.

3. Mencegah kanker

Kefir tak hanya bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan. Kaya akan probiotik, kefir bisa memberikan ragam manfaat untuk kesehatan tubuh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News