Senin, 10 Desember 2018 – 08:45 WIB

Minuman Sehat Ini Lebih Banyak Protein Dibanding Telur

Senin, 03 Desember 2018 – 21:52 WIB
Minuman Sehat Ini Lebih Banyak Protein Dibanding Telur - JPNN.COM

jpnn.com - Yogurt telah lama menjadi makanan pokok rata-rata orang Amerika - tetapi sepupu yogurt yang difermentasi, kefir, baru-baru ini mulai populer di negeri Paman Sam.

Sekarang ini bermunculan di toko grosir massal seperti Whole Foods, tidak bisa disangkal bahwa minuman asam mulai menjadi mainstream. Seperti banyak makanan fermentasi lainnya, termasuk kimchi dan kombucha, kefir adalah penghasil bakteri "baik" bagi usus Anda.

Secara tradisional, kefir dibuat dari susu sapi dan biji kefir yang mengandung kombinasi bakteri hidup dan ragi untuk memacu fermentasi. Proses ini telah ada selama berabad-abad, menurut sebuah ulasan tahun 2016 yang dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Microbiology.

Hasilnya? Konsistensi yang halus dan halus dengan rasa yang tajam. Sekarang, produsen massal cenderung menggunakan kultur mikroba pemula sebagai pengganti biji kefir. Dan selain kefir yang terbuat dari susu sapi, Anda kini bisa menemukan kefir yang terbuat dari susu kambing, domba, almond, kelapa atau kedelai.

"Kefir mendapatkan status superstar dari probiotiknya yang bisa ditambahkan ke diet Anda jika Anda sedang berjuang dengan usus yang kembung atau tidak teratur," kata Dawn Jackson-Blatner, RDN, ahli diet yang berbasis di Chicago dan penulis The Superfood Swap, seperti dilansir laman MSN, Minggu (2/12).

Diperkirakan bahwa probiotik meningkatkan kesehatan pencernaan Anda dan meningkatkan kekebalan Anda dengan menjajah usus Anda dengan mikroorganisme menguntungkan yang membantu mengusir bakteri berbahaya lainnya, menurut National Institutes of Health.

"Saya memberitahu orang-orang yang mengonsumsi yogurt untuk beralih ke kefir. Kefir memiliki lebih banyak jenis bakteri dan jumlah bakteri baik yang lebih banyak daripada yogurt," jelas Jackson-Blatner.

Faktanya, kebanyakan yogurt tradisional hanya mengandung beberapa strain probiotik, sedangkan kefir, bagaimanapun, mengandung hingga 12 strain. "Kemungkinan besar, semakin banyak probiotik yang Anda makan, maka akan semakin baik," tambah Jackson-Blatner.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar