Kaya Antiinflamasi, Ini Manfaat Blackcurrant untuk Kesehatan

Kaya Antiinflamasi, Ini Manfaat Blackcurrant untuk Kesehatan
Blackcurrant. Foto: Skindewi

jpnn.com, JAKARTA - Blackcurrant termasuk dalam jenis beri-berian berwarna ungu dan memiliki rasa agak asam. Buah berukuran kecil ini diolah menjadi berbagai bentuk makanan kismis, selai, smoothies, dan lain-lain.

Berikut ini manfaat blackcurrants untuk kesehatan, seperti dilansir laman Stylecraze, Rabu (18/12).

1. Memiliki Efek Anti-inflamasi

Peradangan bisa menyebabkan penyakit jantung, hati, dan ginjal. Peradangan juga bisa menyebabkan radang sendi, infeksi saluran kemih (ISK), dan gangguan neurodegeneratif. Antosianin adalah kelas polifenol yang sebagian besar ditemukan dalam blackcurrant. Ekstrak blackcurrant menekan aktivasi komponen pro-inflamasi dalam sistem kekebalan tubuh Anda. Molekul-molekul ini menargetkan sel-sel khusus seperti makrofag. Ini mencegah beberapa gangguan peradangan yang memburuk.

2. Menenangkan Perut Dan Membantu Pencernaan

Studi mengkonfirmasi adanya aktivitas antispasmodik dari buah-buahan ini. Quercetin, myricetin, dan flavonoid lainnya menghambat kejang di lambung dan usus. Juga, daun blackcurrant telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati diare.

3. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Efek antioksidan dan antiinflamasi blackcurrant mencegah gangguan ginjal kronis. Ekstrak blackcurrant juga menghambat pembentukan batu ginjal. Jus atau teh blackcurrant membuat urin Anda lebih basa (meningkatkan pH-nya).

Blackcurrant memiliki banyak manfaar untuk kesehatan, salah satunya adalah antidiabetes.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News