KBK Dikuasai Pejabat, Polhut Tegas Malah Dimusuhi

KBK Dikuasai Pejabat, Polhut Tegas Malah Dimusuhi
Rahmad dan anggota Polhut lainnya menemukan aktivitas penebangan hutan di KBK yang berada di Pulau Nunukan, beberapa waktu lalu. Foto: Dokumen Radar Nunukan/JPNN

jpnn.com - NUNUKAN – Kondisi Kawasan Budidaya Kehutanan (KBK) yang berada di Pulau Nunukan kini sungguh sangat memprihatinkan. Hutan yang memiliki fungsi dalam ketersediaan sumber air bersih ini seharusnya terus dijaga kelangsungannya.

Ironisnya, KBK sebagai kawasan hutan yang dilindungi dan tidak boleh dieksploitasi lantaran kekayaan hayati dan ekosistem di dalamnya justru digarap dan dikuasai oleh sejumlah oknum pejabat penting di Nunukan. Kayunya diambil untuk kepentingan bisnis pribadi dan alasan institusi.

Sementara, personel Polisi Kehutanan (Polhut) dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Nunukan justru mendapat perlawanan dari pejabat yang memiliki kepentingan di KBK tersebut.

Bahkan, personel Polhut yang menjalankan tugasnya mendapat ancaman dan pemukulan dari pengikut salah seorang pejabat penting di Nunukan.

“Pos jaga kami dibakar. Saya bersama anggota lainnya pernah dikeroyok karena melarang aktivitas penebangan kayu di hutan lindung,” kata Rahmad, Komandan Regu (Danru) di Polhut Nunukan mengenang kejadian yang dialami saat bertugas kepada Radar Nunukan (Grup JPNN.com) yang ditemui sebelum menjalani sidang di Pengadilan Negeri Nunukan.

Mantan Provos di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Nunukan ini mengaku kecewa dengan sikap atasan yang selama ini justru melindungi oknum perusak hutan lindung dan menyalahkan sikap tegas mereka dilapangan.

“Saya bersama teman-teman hanya menjalankan tugas. Tidak ada unsur lainnya, bahkan menggunakan biaya pribadi kami tetap jalankan. Tapi, sikap yang saya lakukan ini dimusuhi pejabat,” kesalnya seraya mengatakan jika di balik penahanannya ini ada pejabat penting yang melakukannya.

Usaha personel Polhut melakukan razia ilegal loging di KBK justru tidak didukung penuh aparat hukum utamanya pejabat penting di Nunukan ini.

NUNUKAN – Kondisi Kawasan Budidaya Kehutanan (KBK) yang berada di Pulau Nunukan kini sungguh sangat memprihatinkan. Hutan yang memiliki fungsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News