KCBN Candi Muarajambi Punya Kemiripan dengan Vietnam, Ini Faktanya 

KCBN Candi Muarajambi Punya Kemiripan dengan Vietnam, Ini Faktanya 
Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah V sekaligus ketua delegasi Indonesia, Agus Widiatmoko (kedua dari kanan) saat mengunjungi warisan budaya di Vietnam dalam program co-learning visit. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, MUAROJAMBI - Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menginisiasi berbagai program pengembangan untuk memberdayakan masyarakat dalam pengelolaan cagar budaya

Dalam konteks ini, pemerintah melihat Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Candi Muarajambi memiliki kemiripan dengan peninggalan budaya di Vietnam, seperti kompleks peninggalan sejarah Kerajaan Champa, My Son dan bekas kota perdagangan kuno Hoi An yang terletak di sepanjang Sungai Thu Bon. 

Oleh karena itu, pemerintah memfasilitasi 16 orang perwakilan dari 8 desa di sekitar Candi Muarajambi untuk mengunjungi kedua warisan budaya di Vietnam dalam program co-learning visit (kunjungan belajar bersama) untuk memperluas wawasan dan praktik sukses pengelolaan warisan dan cagar budaya. 

Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah V sekaligus ketua delegasi Indonesia, Agus Widiatmoko, mengungkapkan melalui kunjungan pembelajaran bersama ini, diharapkan kepala Desa Muarajambi akan memperoleh pemahaman mendalam tentang praktik konservasi warisan, keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan situs budaya, pengelolaan warisan budaya yang berkelanjutan, dan aplikasi pengetahuan tersebut dalam konteks lokal mereka sendiri. 

“Kami berharap dari kunjungan ini adalah memberikan pengalaman yang komprehensif dan mendalam kepada para kepala desa di Kawasan KCBN Muarajambi. Dengan interaksi dan diskusi dengan para ahli dan stakeholder, serta komunitas di sini,” ungkap Agus Widiatmoko, Selasa (5/2).

Selain itu, Agus menambahkan pemerintah Indonesia juga terus berupaya untuk memperkuat kerja sama internasional dalam bidang pelestarian warisan budaya. 

"Kolaborasi dengan negara lain, seperti Vietnam, menunjukkan komitmen untuk saling belajar dan bertukar pengalaman dalam upaya melestarikan dan mengelola warisan budaya secara berkelanjutan," sambung Agus.

Direktur Jenderal Kerja Sama Internasional, Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Vietnam Nguyen Phuong Hoa mengungkapkan bahwa Indonesia dan Vietnam memiliki peluang besar untuk bekerja sama secara lebih erat dalam pengelolaan situs warisan budaya dan pelibatan aktif komunitas-komunitas yang berada di sekitar cagar budaya.

KCBN Candi Muarajambi punya kemiripan dengan peninggalan budaya Vietnam, ini fakta-faktanya 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News