Sabtu, 18 Agustus 2018 – 21:36 WIB

Ke depan, Pesawat Bakal Berkecepatan Supersonic

Rabu, 07 Februari 2018 – 04:03 WIB
Ke depan, Pesawat Bakal Berkecepatan Supersonic - JPNN.COM

Ilustrasi. Pesawat yang sedang parkir di bandara. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah persoalan dunia penerbangan secara global dibahas dalam Aviation Leader Summit yang merupakan rangkaian kegiatan Singapore Airshow, Selasa (5/2) di Singapura.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan dalam pertemuan dua tahunan tersebut selain membahas kebijakan finansial maskapai, juga tentang teknologi dunia penerbangan masa depan.

Agus menyebut ke depan akan ada pola perubahan teknologi pesawat.

“Teknologi ke depan mengenai aircraft komersial ini kami akan bergerak ke supersonic aircraft. Sekarang itu baru kecepatan subsonik. Subsonik itu kecepatan di bawah 1.000 km/jam. Kalau naik pesawat kan paling kecepatannya 900 km/jam, ke depan akan berkecepatan lebih dari 1.000 km/jam atau supersonic,” kata Agus.

Dijelaskan Agus sebenarnya teknologi ini sudah pernah dikembangkan pada 1990, namun pada akhirnya terpaksa dihentikan. Selain sempat terjadi accident, konsumsi bahan bakar yang sangat boros juga menjadi penyebab pengembangan teknologi pesawat supersonik saat itu dihentikan.

Selain itu, isu tentang pesawat terbang ramah lingkungan saat ini juga masih terus diupayakan yaitu dengan berpatokan pada pengaturan navigasi penerbangan dan rute-rutenya.

“Terkait dengan yang pesawat terbang ramah lingkungan, mereka (petugas ATC) untuk memandu itu kan menggunakan sekarang namanya based on performance based navigation dengan prosedur dan rute-rute tertentu bisa menjadikan penerbangan lebih efisien. Ini jadi kontribusi terhadap green aviation,” jelas Agus.(chi/jpnn)

SHARES
TAGS   Pesawat
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar