Kebakaran 2 Kilang Pertamina Bakal Mengganggu Pasokan BBM Nasional?

Selasa, 30 Maret 2021 – 02:10 WIB
Kebakaran 2 Kilang Pertamina Bakal Mengganggu Pasokan BBM Nasional? - JPNN.com
Warga menyaksikan kebakaran yang terjadi di kompleks kilang Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. Foto: ANTARA /Dedhez Anggara/hp

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Penasihat DPP Partai Hanura Inas Nasrulllah Zubir meyakini kebakaran Kilang Minyak Pertamina RU VI Balongan, Kabuapten Indramayu, Jawa Barat dan Kilang RU V Balikpapan tidak mengganggu pasokan BBM.

"Masyarakat tidak perlu khawatir dengan berita kebakaran yang terjadi di kilang Balikpapan dan Balongan," kata Inas kepada JPNN,com, Senin (29/3).

Dia mengatakan yang terbakar di kilang Balikpapan bukan seluruh kilangnya melainkan hanya di area cooler box (bak pendingin air) Kilang RU V Balikpapan.

Demikian pula yang terjadi di kilang Balongan, di mana yang terbakar hanya 1 tangki BBM dan sudah berhasil diatasi oleh Pertamina sehingga pasokan BBM ke SPBU tidak terganggu.

"Dan, jangan mudah percaya hoax yang menyesatkan untuk menciptakan keresahan," ucap mantan politikus Senayan itu.

Pria berdarah Minang itu menyebut, publik juga perlu tahu bahwa industri perminyakan seperti Pertamina memiliki rantai pasok paling kompleks di dunia.

Di antaranya adalah harga bahan bakunya yang fluktuatif, serta kebutuhan jenis crude yang diproses tiap bulannya berubah-ubah sesuai kebutuhan konsumen.

Oleh karena itu, kata Inas, secara kuantitatif perusahaan minyak seperti Pertamina sudah pasti mampu mengoptimalkan jaringan dan mengelola operasi logistik dalam kondisi apa pun.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...