Kebakaran di Batam, 4 Tewas

Kebakaran di Batam, 4 Tewas
Lokasi kebakaran di Jl Teuku Umar, Pelita, Batam. Foto: Batam Pos
BATAM - Kebakaran hebat kembali melanda Batam, Minggu (13/7) pagi. Setelah Barata Mall di Batam Centre, giliran Komplek Pribumi RT 01 RW 01 di jalan Teuku Umar, Pelita, yang merupakan kawasan penginapan dan rumah penduduk yang terbakar.

Bahkan, kebakaran kali ini lebih dasyat karena jumlah penginapan dan rumah yang luluhlantak akibat terbakar mencapai 29 unit. Perinciaannya, 19 penginapan atau wisma yang terdiri dari 21 bangunan, tujuh rumah warga, dan satu kedai. Kemudian empat korban jiwa yang tewas terpanggang dan dua orang luka.  Selain itu, ada tiga motor pemilik wisma yang turut terbakar.

Adapun penginapan yang ludes terbakar tersebut yakni Koto Lima, Minang Jaya, Enggel, Purnama, dan Mutiara. Berikutnya, wisma Idaman, Penginapan Budiman dua unit, Wisma Pandawa, Penginapan Sawerigading dua unit, Penginapan Anugerah, Wisma Anda, Dagadu, Pelita Jaya, Emes Jaya, Srikandi, Kusuma Jaya, Ali Flores, dan satu tanpa nama.

Kerugian akibat kebakaran yang terjadi mulai sekitar pukul 06.30 WIB itu belum bisa dipastikan. Baik pemilik atau pengelola wisma, polisi, maupun aparat RT dan Kecamatan belum bisa menghitungnya. Namun beberapa pengelola wisma menaksir mencapai ratusan juta hingga miliaran.

“Kerugian belum bisa dipastikan,’’ ujar Ginding, pengelola Wisma Pelita Jaya yang turut terbakar di lokasi kejadian, kemarin.

Namun Ginding mengatakan ia menyewa wisma itu dari pemiliknya Rp21 juta per tahun. Malika yang mengelola tiga wisma sekaligus rumah kos juga belum bisa menghitung jumlah kerugian yang diderita.  Namun ia menaksir kerugiannya yang ditanggungnya puluhan juta.

“Jualan di kedai saja sudah sepuluhan juta. Lalu penginapan dan kos tiga,’’ ungkap wanita ini yang tampak masih sok dengan kejadian itu.

Jika diasumsikan satu wisma disewa dari pemiliknya Rp21 juta per tahun  kali 21 wisma berarti kerugian sudah mencapai Rp441 juta. Itu belum termasuk tujuh rumah, tiga motor, dan barang-barang berharga milik korban yang tidak sempat diselamatkan.

BATAM - Kebakaran hebat kembali melanda Batam, Minggu (13/7) pagi. Setelah Barata Mall di Batam Centre, giliran Komplek Pribumi RT 01 RW 01 di jalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News