Kebakaran Hutan Gunung Papandayan Garut Berhasil Dijinakkan

Kebakaran Hutan Gunung Papandayan Garut Berhasil Dijinakkan
Kobaran api membakar kawasan hutan di Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Minggu (6/10). Foto: BPBD Garut/Antara

jpnn.com, GARUT - Petugas gabungan berhasil menjinakkan kobaran api yang sempat membakar areal hutan di Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Minggu (6/10) malam. Saat ini petugas masih memantau lokasi titik api untuk mengantisipasi kebakaran susulan.

"Alhamdulillah kebakaran hutan yang terjadi sejak sore hingga semalam berhasil dipadamkan," kata Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah V Garut Purwantono, Senin (7/10).

Ia menuturkan, peristiwa kebakaran hutan itu baru diketahui Minggu sekitar pukul 17.00 WIB. Petugas gabungan langsung berupaya memadamkan kobaran api agar tidak meluas.

Luas hutan yang terbakar, kata dia, sekitar 1,5 hektare dengan jenis tanaman yang terbakar yakni puspa, haruman, paku-pakuan dan alang-alang yang tumbuh sekitar hutan tersebut. "Sekitar 1,5 hektare," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Tubagus Agus Sofyan menambahkan, jajarannya telah diterjunkan untuk membantu proses pemadaman areal hutan di Gunung Papandayan.

"Petugas gabungan berusaha secepat mungkin memadamkan api," katanya.

Menurut dia, musim kemarau menjadi salah satu satu penyebab kebakaran hutan karena banyak tanaman kering yang mudah terbakar.

Ia menambahkan, Garut memiliki kawasan hutan yang rawan kebakaran, selain Gunung Papandayan, ada Gunung Guntur di Kecamatan Tarogong Kaler, dan Gunung Cikuray di Kecamatan Cilawu.

Luas hutan yang terbakar di areal Gunung Papandayan sekitar 1,5 hektare terjadi pada Minggu (6/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News