Kebakaran Lahan Semakin Meluas, 18 Titik di Dumai

Kebakaran Lahan Semakin Meluas, 18 Titik di Dumai
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan beberapa titik api yang membakar lahan di Pekanbaru, kemarin. foto: Riau Pos / JPNN

jpnn.com - RIAU - Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) di Kota Dumai semakin meluas, bahkan hampir sekitar 60 hektar lahan gambut yang baru terbakar, Jumat (5/3) kemarin. Berdasarkan data yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai dari BMKG terpantau ada 18 titik hotspot (api) di Kota Industri ini.

Kebakaran terparah terjadi dilahan gambut di Jalan Datuk Alam Kecamatan Medang Kampai, luas lahan yang terbakar sebanyak 50 Hektar. Kapolres Dumai AKBP Suwoyo  SIK, MSi, memimpin langsung pemadalam. 

Ia berpesan  kepada personil agar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan tetap semangat serta utamakan kekompakan,sehingga sore kemarin lahan masih terbakar.

''Tetap jaga kekompakan, karena tugas ini tak dapat diselesaikan secara perorangan melainkan membutuhkan kekompakan dan kerjasama. Lepaskan segala ego kesatuan, mari bersama-sama berjuang dan bekerja memadamkan dan menanggulangi,'' terang Kapolres.

Lokasi lainnya yang turut terbakar di kelurahan Bukit Batrem Kecamatan Dumai Timur, tetapnya dibelakang Bandar Pinang Kampai. Disana ada sekitar enam hektar lahan gambut yang terbakar. Lagi-lagi kapolres beserta jajaran juga ikut berjibaku dalam memedamkan api. 

Diketahui setelah dilakukan penyelidikan, kebakaran lahan tersebut terjadi dilahan seluas 6 Hektar (Ha) milik Salamuddin Harahap (50) yang diketahui sehari-hari bekerja sebagai Kepala Sekolah SMA PGRI Jaya Mukti.

Dengan adanya kejadian tersebut, Polsek Timur telah melakukan berbagai tindakan yakni mendatangi dan melakukan cek TKP Karlahut, memadamkan api bersama pihak terkait dan masyarakat setempat.

Pemadaman titik api dan asap dalam lahan gambut yang berada di wilayah kerja Polsek Dumai Barat tersebut dibantu dua alat Mesin Pompa Air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News