Kebijakan Selektif, Impor Komoditas Sayuran Masih Wajar

Kebijakan Selektif, Impor Komoditas Sayuran Masih Wajar
Sayuran. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Kebijakan mengimpor komoditas sayuran sering masih bisa dianggap sebagai keharusan karena tidak seluruh produk pertanian yang dibutuhkan masyarakat dapat diproduksi.

Meski demikian, kebijakan impor terhadap komoditas sayuran tetap harus selektif dan mendukung kebutuhan peningkatan produksi ekspor.

"Jadi, impor itu hanya benar-benar kepada yang tidak bisa dihasilkan dalam negeri. Misalnya jagung, kacang kedelai, gula, beras, dengan kebijakan khusus bisa kita tingkatkan produksinya," ujar Guru Besar Pertanian Universitas Hasanuddin Profesor Christianto Lopulisa, Minggu (23/12).

Menurut Christianto, kebijakan menyesuaikan kebutuhan impor komoditas sayuran dinilai tidak akan sampai berdampak negatif terhadap pendapatan devisa negara.

"Kecuali impor komoditas sayuran itu menekan produk ekspor, jelas akan berpengaruh," ujar Christianto.

Christianto mengatakan, memberlakukan impor komoditas sayuran secara selektif juga akan ikut menjaga neraca perdagangan tetap surplus.

"Pembatasan impor komoditas sayuran (yang) selektif dengan tarif masuk, jenis, maupun jumlahnya," ucap Christianto.

Christianto mencontohkan kebijakan Kementerian Pertanian tentang kewajiban tanam bibit bawang putih sebesar lima persen kepada importir telah cukup bagus.

Kebijakan mengimpor komoditas sayuran sering masih bisa dianggap sebagai keharusan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News