Kebumen Beach Marathon 2023 Diramaikan 2.515 Pelari, Jadi Ajang Promosi Pariwisata

Kebumen Beach Marathon 2023 Diramaikan 2.515 Pelari, Jadi Ajang Promosi Pariwisata
Sekda Jateng Sumarno saat mengikuti Kebumen Beach Marathon 2023. Foto: Humas Pemprov Jateng.

jpnn.com - KEBUMEN - Kebumen Beach Marathon 2023 diramaikan 2.515 pelari dari berbagai negara, pada Sabtu (30/12). Kebumen Beach Marathon 2023 yang digelar di Pantai Pandan Kuning, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jateng, itu diyakini menjadi ajang promosi pariwisata.

Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sumarno turut aktif menjadi peserta untuk kategori 21K (half marathon). Ini menjadi kesempatan pertama baginya untuk mengikuti event lari di trek pasir.

"Bagi saya, ini pengalaman pertama kali lari di pasir. Kalau lari di jalan sudah biasa, kemarin ikut trail run sudah biasa, baru kali ini ikut di pasir," kata Sumarno seusai melintasi garis finis.

Sumarno mengikuti kategori 21K yang start dari Pantai Pandan Kuning sekitar pukul 05.41 WIB. Selain kategori 21K, ada juga 5K dan 10 K. Sumarno sangat mengapresiasi terselenggaranya event tersebut. Pemprov Jateng juga sangat mendukung event-event serupa lebih banyak digelar.

"Event ini termasuk sport tourism. Ada bagian pengembangan pariwisata, juga untuk kesehatan masyarakat. Apalagi masyarakat sekarang sangat peduli dengan kesehatan, sehingga bisa menggaet masyarakat untuk hadir di tempat-tempat wisata seperti ini," paparnya.

Dia emnambahkan pada event Kebumen Beach Marathon 2023 ini memang masih ada beberapa hal yang menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan ke depan. Akan tetapi, keberlanjutan Pemkab Kebumen dalam menyelenggarakan event ini, patut diacungi jempol karena dapat mempromosikan wisata di daerahnya.

"Mungkin banyak masyarakat yang belum tahu kalau di Kebumen ada Pantai Pandan Kuning ini, tetapi dengan adanya event ini banyak (masyarakat luar daerah) bisa datang ke sini. Bisa mengenalkan pantai Pandan Kuning ini kepada yang lain. Mereka nanti pulang akan cerita tentang pantai ini," ucap Sumarno. (jpnn)

Kebumen Beach Marathon 2023 yang digelar di Pantai Pandan Kuning, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Jateng, itu diyakini menjadi ajang promosi pariwisata.


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News