Kebun Bibit Rakyat Sukses, Kesejahteraan Rakyat Meningkat

Kebun Bibit Rakyat Sukses, Kesejahteraan Rakyat Meningkat
Kebun Bibit Rakyat Sukses, Kesejahteraan Rakyat Meningkat
JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR, Hermanto mengatakan, program Kebun Bibit Rakyat (KBR) harus mampu mendukung Gerakan Satu Milyar Pohon yang telah diluncurkan Kementerian Kehutanan sehingga bisa sukses sesuai harapan. Program ini, kata Hermanto, diharapkan dapat memberi banyak manfaat baik secara ekonomi, lingkungan dan sosial kemasyarakatan. Sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus berkontribusi untuk kelestarian lingkungan.

"KBR merupakan program pemerintah dengan tujuan penyedia bibit tanaman kayu dan nonkayu, reboisasi, sekaligus juga sebagai penyedia oksigen bagi bumi. Di samping itu, program ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat", kata Hermanto setelah melakukan kunjungan spesifik ke lokasi KBR di Banjarmasin, Kalsel.

Anggota DPR Dapil Sumbar ini menambahkan, pemerintah perlu meningkatkan dukungannya terhadap program KBR terkait dengan  pemeliharaan. "Kita ketahui dari pembibitan hingga masa panen baik kayu dannon kayu ada fase pemeliharaan. Untuk memastikan keberlanjutannya, maka pemerintah perlu memberikan insentif kepada kelompok tani yang telah sungguh-sungguh menjalankan KBR ini. Sehingga tujuan multifungsi keberadaan KBR ini bisa tercapai", tambah Hermanto.

Sebagaimana diketahui pemerintah melalui Kemhut menganggarkan dana untuk 10.000 kebun bibit rakyat tahun 2011. Naik dari 8.000 kebun bibit rakyat tahun 2010. Disamping itu, pemerintah juga telah mencanangkan Gerakan Penanaman Satu Miliar Pohon sejak 1 Februari 2011 dan baru berakhir 31 Januari 2012.

JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR, Hermanto mengatakan, program Kebun Bibit Rakyat (KBR) harus mampu mendukung Gerakan Satu Milyar Pohon yang telah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News