Kecam Format Baru Piala UEFA

Kecam Format Baru Piala UEFA
Kecam Format Baru Piala UEFA
BRUSSELS - Perubahan format Piala UEFA menjadi Europa League musim depan memantik sikap pro dan kontra. Salah satu pihak yang kontra adalah Presiden FIFA Sepp Blatter. Orang nomor satu di Federasi Sepak Bola Internasional tersebut mengecam Europa League karena mengandung kepentingan tersembunyi. Apa itu?

Versi Blatter, Europa League hanya kedok dari sejumlah klub besar Eropa yang tergabung dalam G14. Sejak awal, G14 punya misi menggagas sebuah kompetisi elite antarklub Eropa yang terpisah dari UEFA. "Sepertinya, Europa League adalah rencana G14. Sebab, mereka menginginkannya sejak lama," katanya di situs resmi FIFA.

Yang ditakutkan oleh Blatter, dengan model seperti itu, tradisi kompetisi antarklub Eropa yang besar akan mati perlahan-lahan dan berganti menjadi kompetisi dalam skala kecil dengan tujuan mencari uang sebanyak-banyaknya. Apalagi, rentan terjadi tumpang tindih. Sebab, selain Europa League, ada Liga Champions. Secara gengsi dan prestise, Liga Champions masih jadi yang terbaik di Eropa.

"Suatu saat, keduanya (Europa League dan Liga Champions, Red) saling bertabrakan, lalu diberhentikan. Pada saat itu G14 akan muncul dengan membuat liga sendiri," ujarnya.

BRUSSELS - Perubahan format Piala UEFA menjadi Europa League musim depan memantik sikap pro dan kontra. Salah satu pihak yang kontra adalah Presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News