Kece Badai! Noah Bakal Guncang Tour de Singkarak 2016

Kece Badai! Noah Bakal Guncang Tour de Singkarak 2016
Noah. Foto: dok/JPN.com

jpnn.com - PADANG - Event sport tourism berskala internasional bertajuk Tour de Singkarak (TdS) bakal kembali digelar 6-14 Agustus 2016. Ajang ini tampaknya akan menjadi momen yang tak terlupakan. Lebih heboh dari edisi-edisi sebelumnya. Mau tahu sebabnya?

Salah satunya, karena bakal ada penampilan grup band Noah. “Kemenpar bersama pemprov dan kabupaten/kota sudah komit untuk all out menyukseskan TdS. Nanti ada grup band Noah yang bisa dinikmati di malam opening ceremony,” terang Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar Raseno Arya.

Memang, lanjut Raseno, Menpar Arief Yahya sering menggunakan music sebagai magnet penarik sebuah events. Termasuk di crossborder area, seperti Atambua NTT, Aruk Kalbar, Batam-Bintan Kepri yang digunakan untuk menarik wisatawan dari daerah perbatasan. Bahkan di Balairung, Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenpar Jalan Merdeka Barat pun setiap launching event daerah yang berskala nasional, selalu menggunakan home band yang berkelas nasional, yakni Purwacaraka.

Lantas mengapa harus Noah? “Karena basis penggemar Noah cukup kuat dan solid di Padang dan sekitarnya. Bahkan boleh dibilang fanatik,” ungkap Raseno. 

Faktanya, Noah memang punya fans yang sangat besar. Namanya Sahabat Noah.  Komunitas Sahabat Noah awalnya muncul dengan nama-nama yang unik berdasar pada regional masing-masing. Di Jakarta, ada Metropanerz. Di Bandung, Feather Friends Community. Jogjakarta punya Joggpers. Dan untuk Makassar, namanya Macspaners. Tapi sekarang, semua fans Noah dari Sabang sampai Merauke bersatu dalam wadah Sahabat Noah.

Merekalah napas kedua Ariel yang selalu berada di garis depan saat Noah bernyanyi. Dibentuk pada tahun 2000, Ariel cs  sanggup menghadirkan hysteria penggemar yang cukup besar di panggung musik Indonesia. Sejumlah hits seperti Ada Apa Denganmu, Mimpi Yang Sempurna, Cobalah Mengerti, Menghapus Jejakmu hingga yang terkini Separuh Aku mengantarkan nama mereka sebagai salah satu grup band paling bersinar dalam 1 dekade terakhir. Dalam tiap konsernya, ribuan Sahabat Noah selalu setia menemani. “Dijamin seru. Kami sudah mempersiapkan sejak lama agar semua bisa berjalan dengan baik. TdS 2016 pokoknya harus heboh,” tambah Raseno.

Dari tahun ke tahum gelaran TdS terus membaik. Lihat saja evaluasi 2013. Saat itu, ASO atau Amauri Sport Organisation (Official organizer Tour de France, red) merekomendasikan TdS sebagai major race dari kalender dunia balap sepeda Asia, dengan jumlah penonton lebih dari 1 juta. TdS menduduki peringkat dunia ke-5 balap sepeda internasional dengan jumlah penonton terbanyak, setelah Tour de France, Giro A Italia, Vuelta A Espana, dan Santos Tour Down Under.

Menpar Arief Yahya sampai menyebutkan TdS merupakan olahraga balap sepeda terbaik di Indonesia dan menjadi inspirasi bagi daerah lain menyelenggarakan Tour de Banyuwangi-Ijen, Tour de Bintan dan Tour de Flores (TdF). Iven TdS pun masuk kalender balap sepeda tahunan dunia Union Cycliste Internationale (UCI) atau UCI Road Calendar.

PADANG - Event sport tourism berskala internasional bertajuk Tour de Singkarak (TdS) bakal kembali digelar 6-14 Agustus 2016. Ajang ini tampaknya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News